Ini Dia Tata Cara Tahallul, Mencukur Rambut saat Umrah dah Haji

By. Dewi Savitri - 04 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuri.com- Hai Sobat Batemuri!!! Tahallul adalah salah satu rukun haji yang harus di penuhi oleh jamaah haji. Tahallul merupakan kegiatan mencukur rambut minimal sebanyak tiga helai rambut dan dilakukan pada saat menunaikan ibadah haji maupun umrah.

 

Baca Juga: Mengenal 4 Rukun Ka'bah, 3 Rukun Menghadap Negara Islam?

 

Tahallul merupakan rukun yang penting untuk dilaksanakan saat beribadah haji dan juga umrah. Tahallul dilakukan ketika seluruh rangkaian ibadah haji dan umrah telah diselesaikan. Tahallul menjadi penutup prosesi ibadah haji dan umrah.

 

Dikutip dari detik.com, secara bahasa tahallul artinya menjadi boleh atau menjadi hallal. Sedangkan, secara istilah tahallul berarti sudah diperbolehkan atau dibebaskannya seseorang dari pantangan ihram.

 

Ada dua macam tahallul secara umum, yaitu tahallul umrah dan tahallul haji. Tahallul umrah adalah tahallul yang berkaitan atau dilaksanakan pada saat beribadah umrah. Sedangkan tahallul haji adalah tahallul yang dilaksanakan saat menjalankan ibadah haji. Tahallul haji terbagi menjadi dua yaitu tahallul awal dan tahallul akhir.

 

Cara Melaksanakan Tahallul

 

Cara melaksanakan tahallul bagi jamaah laki-laki berbeda dengan jamaah perempuan. Jamaah laku-laki melakukan tahallul dengan mencukur seluruh rambut atau gundul. Hal ini disunnahkan dan lebih utama bagi jamaah laki-laki.

 

Baca Juga: Bukan Mencukur Rambut Biasa, Ini Dia Makna Tahallul yang Lebih Dalam

 

Sedangkan, jamaah perempuan tidak dianjurkan untuk menggunduli rambut pada saat tahallul. Namun, tahallul bagi perempuan cukup dengan memotong rambut sepanjang satu ruas jari saja. Selain itu, jamaah perempuan juga tidak dianjurkan untuk mencukur pendek rambutnya.

 

Pada saat hendak memotong rambut membaca do’a:

 

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِكُلِّ شَعْرٍ نْورًا يَوْمَ القِيَامَةِ

 

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah cahaya untuk setiap helai rambut yang aku potong ini pada hari kiamat nanti.”

 

Kemudian setelah selesai memotong rambut membaca do’a:

 

الحَمْدُ للهِ الَّذِي قضَى عَنَّا مَنَاسِكَنَا اللَّهُمَّ إِيمَاًنا وَيَقِينًا وَعَوْنًا وَاغْفِرْلنَا وَلِوَالِدَيْنَا ولِسَائِرِ المُسْلِمِينَ وَالمُسْلِمَاتِ

 

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelesaikan manasik kami. Ya Allah, tambahkanlah kepada kami iman, keyakinan dan pertolongan serta ampunilah kami, kedua orangtua kami dan seluruh kaum muslimin dan muslimat.”

 

Baca Juga: Tidak Hanya Merigukan Keluarga, Begini 5 Dampak Buruk dari Perceraian

 

Demikian tata cara melaksanakan tahallul, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian.

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp