Mengenal Masjid Nabawi di Madinah, Ini Dia Keistimewaannya

By. Dewi Savitri - 05 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Masjid Nabawi merupakan tempat paling suci nomor dua bagi umat islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Masjid Nabawi dibangun oleh Rasulullah SAW ketika tiba di Madinah. Masjid ini merupakan masjid kedua yang dibagun oleh Rasulullah SAW setelah Masjid Quba.

 

Baca Juga: 7 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu dari Surga

 

Masjid Nabawi didirikan dalam perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW. Awalnya, masjid ini hanya berukuran 50 x 50 m dengan tinggi sekitar 3,5 m. Masjid Nabawi pertama kali dipasangi listrik pada tahun 1909 bersamaan dengan pemasangan lampu di Semenanjung Arab. Awalnya, masjid ini bernama Yathrib. Hingga kini, masjid Nabawi telah mengalami berbagai perencanaan dan perluasan. Saat ini, luas seluruh masjid Nabawi mencapai 165.000 m2. Masjid ini dapat menampung jamaah hingga sekitar 535.000 orang, memiliki 95 pintu dan 10 menara.

 

Masjid Nabawi dan Masjidil Haram sebagai tempat suci umat muslim dijaga oleh Raja Arab Saudi. Salah satu masjid terbesar ini dibangun dengan dekorasi yang megah dan disertai dengan teknologi canggih. Arab Saudi telah mengeluarkan miliaran riyal dalam perluasan masjid Nabawi.

 

Keistimewaan masjid Nabawi

 

Foto: pergiumrah.com

 

Masjid ini memiliki Raudhah atau taman surga yang menjadi salah satu keistimewaan yang tidak dimiliki masjid lain. Raudhah menjadi area yang selalu didatangi umat islam untuk berdoa dan berziarah ke makam Rasulullah SAW serta para sahabat. Raudhah merupakan tempat yang mulia karena disinilah tempat dimana Rasulullah SAW beribadah, menunaikan sholat bersama para sahabat, berdakwah serta menerima wahyu.

 

Baca Juga: Raudah Taman Surga yang Mustajab

 

Selain itu, di masjid Nabawi terdapat makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar as Shidiq, an Umar bin Khattab. Kubah hijau yang menjadi ikon dari masjid ini adalah lokasi dimana makam Rasulullah SAW dan para sahabatnya berada. Berziarah ke makam Rasulullah SAW beserta para sahabat menjadi aktivitas favorit umat islam saat berkunjung ke Madinah.

 

Keutamaan masjid Nabawi

 

Menunaian shalat di masjid Nabawi memiliki pahala yang berlipat ganda disbanding dengan sholat di tempat lain. Pahala shalat di masjid Nabawi 1.000 kali lipat dibandingkan dengan masjid lain kecuali Masjidil Haram. Sedangkan, pahala yang didapat saat shalat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 sholat di masjid lain.

 

Keutamaan lain beribadah di masjid ini yaitu mendapat pembebasan dari neraka dan kemunafikan bagi muslim yang melaksanakan sholat arbain. Sholat arbain adalah sholat 40 kali berturut-turut selama delapan atau Sembilan hari di masjid Nabawi.

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Demikian pembahasan mengenai Masjid Nabawi dengan banyak keistimewaan serta keutamaannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian.

 

Baca Juga: Mau Berangkat Haji/Umrah? Berikut Cara Pembuatan Paspor Haji/Umrah Terbaru!!!

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp