Tips Beribadah Umrah dengan Aman dan Nyaman

By. Miftahul Jannah - 13 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ibadah umrah menjadi salah satu impian bagi seluruh umat Islam yang ada di penjuru dunia. tetapi bagi mereka yang belum pernah melaksanakannya, mengetahui berbagai tips umrah pertama kali menjadi suatu hal penting demi lancarnya ibadah yang akan dilaksanakan agar pelaksanaan ibadah umrah dapat dilaksanakan dengan aman, lancar, dan nyaman.

 

Baca Juga : Cara Mengatur Waktu Umrah Saat di Tanah Suci

 

1. Mengecek Cuaca di Arab Saudi

 

Arab Saudi memiliki muslim yang mirip dengan musim di Indonesia yakni musim dingin dan musim panas, walaupun memiliki kelembaban yang berbeda yang menyebabkan Arab Saudi jarang dalam kondisi hujan. Meskipun begitu, musim di Arab Saudi terkenal memiliki iklim kondisi panas atau dingin yang cukup ekstrem. Jika panas maka panas tersebut dapat sangat menyengat kulit, dan jika dingin maka akan mengalami kondisi hujan lebat ataupun angin kencang.  Di Arab Saudi tentunya jemaah akan mengunjungi makkah dan madinah. Untuk itu jemaah harus mengetahui bagaimana suhu yang sedang terjadi di Arab Saudi agar dapat menyesuaikan diri dan mengantisipasi untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

 

2. Menentukan Pilihan pada Travel yang Akan Memberangkatkan

 

Pastinya jemaah akan berangkat umrah melalui agen travel haji dan umrah yang ia percayai, untuk itu jemaah dapat mencari terlebih dahulu atau meminta rekomendasi dari keluarga, saudara, hinga kerabat agar mendapatkan gambaran travel yang akan digunakan sebelum jemaah menetapkan pilihannya. Jemaah dapat mengikuti panduan 5 Pasti Umrah yang sudah ditetapkan oleh kementerian agama.

 

- PASTIKAN Travel Umrah Berizin Kemenag

 

- PASTIKAN Tiket Pesawat dan Jadwal Penerbangan.

 

- PASTIKAN Harga dan Paket Layanannya.

 

- PASTIKAN Akomodasi (Hotel) selama berada di Arab Saudi.

 

- PASTIKAN Visanya.

 

3. Mengikuti Program Manasik

 

Manasik sangat diperlukan jemaah sebelum berangkat di tanah suci karena dengan mengikuti manasik, jemaah memiliki bekal yang dapat menunjang kesuksesan pelaksanaan ibadah umrah. Dalam mengikuti manasik, jemaah mendapatkan ilmu baru mengenai pelaksanaan ibadah umrah, mengetahui do'a-do'a yang akan dibaca pada pelaksanaan ibadah di tanah suci, serta dapat melakukan persiapan untuk perlengkapan yang harus dibawa ketika melaksanakan ibadah di tanah suci.

 

4. Mencari Tahu Aturan di Arab Saudi

 

Baca Juga : Tips Agar Jemaah Tidak Tersesat atau Terpisah Dari Rombongan

 

Arab Saudi sebagai negara islam memiliki aturan seperti harus menggunakan pakaian sopan, terkhusus wanita harus dapat menutupi bahu dan lutut ketika berada di area publik. Selain itu juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan bahasa kasar, menunjukkan sikap tidak sopan, dan bermesraan ditempat umum.

 

Arab saudi juga tidak memperbolehkan warganya untuk mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan tindakan yang mengintimidasi, diskriminasi, rasisme, kebencian, serta tindakan yang tidak senonoh.

 

5. Mempelajari budaya di Arab Saudi

 

Jemaah dapat mencontoh kebiasaan orang-orang di Arab Saudi seperti ketika ada suara adzan, semua orang pasti akan meninggalkan pekerjaan dan segala aktivitas yang sedang dilakukan untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid tanpa berfikir tentang pekerjaan yang akan ditinggalkan ataupun dagangan yang akan ditinggalnya.

 

Namun, ada satu hal yang berbeda di budaya Arab Saudi dan Indonesia, dimana senyum merupakan hal yang menunjukkan sikap keramahan dan kesopanan. Namun di Arab Saudi jika wanita tersenyum kepada orang-orang Arab Saudi, maka orang Indonesia dianggap sebagai orang yang sedang atau ingin menggoda orang-orang Arab Saudi. Untuk itu diharapkan jemaah wanita dapat mengurangi sikap tersenyum walaupun hal tersebut menjadi ciri khas masyarakat di Indonesia yang menjunjung sikap ramah tamah.

 

6. Mempersiapkan fisik dan mental

 

Sebelum melaksanakan ibadah umrah, jemaah dapat melakukan kebiasaan olahraga atau jalan-jalan secara rutin dengan jarak tempuh 30 menit atau 60 menit setiap harinya. Selain itu, jemaah diharapkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi seperti sayur dan buah-buahan, serta mengonsumsi obat untuk kekuatan tulang agar lebih maksimal ketika melaksanakan ibadah di tanah suci.

 

Persiapan fisik dan mental jemaah menjadi salah satu hal terpenting karena ibadah umrah memiliki banyak kegiatan fisik yang akan dilakukan mengingat juga perbedaan kondisi di Arab Saudi yang berbeda dengan kondisi di Indonesia.

 

7. Mempersiapkan perlengkapan

 

Ketika sudah mengetahui musim atau cuaca di Arab Saudi, jemaah dapat mempersiapkan perlengkapan seperti pakaian yang memiliki kain tipis ataupun tebal, dan dapat memilih gamis yang sesuai dengan aturan dari Arab Saudi. Selain itu, jemaah dapat membawa sarung tangan dan kaos kaki jika ingin shalat menggunakan gamis tanpa mukena agar lebih praktis dan tidak membawa begitu banyak barang ketika beribadah. Jemaah juga dapat menggunakan kerudung jenis bergo atau kerudung tanpa menggunakan jarum karena banyaknya jemaah akan mengakibatkan susahnya jemaah setelah wudhu untuk mengatur kerudung mereka.

 

Alas kaki juga perlu diperhatikan, karena ibadah umrah merupakan ibadah fisik yang didalamnya akan melakukan perjalanan terus menerus. Untuk itu, jemaah diharapkan dapat mempersiapkan alas kaki atau sandal yang nyaman untuk dipakai. Selain itu jemaah juga harus mencari alas kaki yang tidak menggunakan lem karena disana jemaah akan sering melakukan ibadah shalat dan akan wudhu, otomatis alas kaki tersebut akan sering basah. Jika alas kaki memiliki banyak bagian dengan perekat lem maka akan membuat alas kaki tersebut mudah rusak.

 

Baca Juga : Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah dalam Berbagai Aspek

 

Dengan melakukan persiapan yang matang sebelum melaksanakan ibadah umrah, maka anda dapat memastikan bahwa perjalanan spiritual anda berjalan lancar dan bermanfaat. Selamat melakukan ibadah umrah, semoga diberikan kemudahan dan keberkahan yang berlimpah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp