Sedekah yang Dapat Dilakukan Saat Haji dan Umrah?

By. Miftahul Jannah - 15 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap umat muslim yang memiliki kemampuan dalam fisik, mental, kesehatan, dan financial yang mana dilakukan untuk mendapatkan pahala dan ridha Allah. Saat melaksanakan ibadah haji dan umrah, jemaah dapat memperbanyak shalat sunnah, tadarus, dzikir, bershalawat, dan bersedekah. Secara umum, sedekah dapat dilakukan dengan membagi uang ataupun makanan kepada orang lain. Namun, saat kita melaksanakan ibadah haji ataupun umrah bagaimana cara yang harus dilakukan jika kita ingin sedekah?

 

Baca Juga : Keutamaan Meninggal di Tanah Suci saat Berhaji Menurut Hadits

 

Jika belum tahu cara untuk bersedekah saat sedang menunaikan ibadah haji dan umrah, maka penting untuk membaca artikel ini karena akan dibahas mengenai berbagai sedekah yang dapat dilakukan saat melaksanakan ibadah haji dan umrah

 

1. Sedekah uang

 

Sedekah uang dapat diberikan kepada penjaga atau marbot di Masjid, cleaning servise, dan petugas cleaning servise yang sedang mengantre dibelakang. Sedekah uang dapat dilakukan setiap mengunjungi masjid ataupun saat shalat di masjid. Selain itu, sedekah uang dapat dilakukan di mana saja jika sedang melihat pengemis, ataupun orang yang membutuhkan.

 

2. Sedekah makanan

 

Sedekah makanan dapat dibagi menjadi dua hal, pertama berbagi makanan ke anak-anak, dan kedua berbagi makanan ke jemaah lain.

 

- Sedekah makanan ke jemaah lain

 

Sedekah makanan untuk dibagikan ke jamaah lain dapat berupa roti atau kurma yang dapat digunakan untuk mengisi perut ketika menunggu shalat. Biasanya sedekah makanan ini dilakukan di waktu menjelang shalat magrib dan shalat isya.

 

- Sedekah makanan ke fakir miskin

 

Baca Juga : Haji Mabrur: Ketahui Pengertian, Syarat, dan Ciri-cirinya

 

Sedekah makanan untuk dibagikan ke jamaah lain dapat berupa makanan besar (nasi beserta lauk) atau snack. Sedekah makanan juga dapat dilakukan dengan memesan masakan pada cafe terdekat dan minta tolong untuk diberikan ke orang lain yang membutuhkan.

 

- Sedekah makanan ke anak-anak

 

Sedekah makanan untuk dibagikan ke anak-anak dapat berupa cokelat, makanan ringan, atau biskuit.

 

3. Sedekah Al-Qur’an

 

Sedekah Al-Qur’an dapat dipahami sebagai kegiatan wakaf Al-Qur’an pada Masjid Nabawi dan Masjidil Haram . Sedekah Al-Qur’an ini merupakan salah satu sedekah yang utama karena pahala yang didapatkan terus menerus mengalir tanpa terputus ketika Al-Qur’an tersebut dibaca oleh orang lain.

 

4. Sedekah tisu

 

Sedekah tisu maksudnya, tisu beberapa lembar dapat dibagi-bagikan ketika menemui orang yang lewat didepan pada siang hari karena cuaca makkah cukup panas hingga menembus angka 40-50 derajat celcius dan kebanyakan jemaah tidak sadar jika tubuh mereka mengeluarkan keringat atau sudah bermandikan keringat. Tisu tersebut berguna untuk mengusap keringat yang berjatuhan di dahi ataupun area kepala.

 

5. Sedekah air

 

Sedekah dengan air maksudnya sedekah dengan menyemprotkan air pada wajah jemaah-jemaah yang melewatinya. Banyak jemaah yang seolah-olah pasrah untuk disemprot wajahnya dengan menghadapkan wajah pada seseorang yang akan menyemprotnya. Hal tersebut mungkin dilakukan dkarena jemaah menghadapi cuaca yang cukup panas.

 

Baca Juga : Tips Memilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya

 

Sedekah merupakan alat yang melindungi harta dan keluarga dari bencana. Sedekah yang diberikan dengan ikhlas dadiyakini dapat memberikan keberkahan dalam rezeki. Allah SWT berjanji untuk memberikan balasan yang melimpah kepada mereka yang bersedia berbagi dengan sesama. Oleh karena itu, ketika berada di Tanah Suci, jemaah dapat memanfaatkan untuk melakukan sedekah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp