Waktu-waktu Terbaik Melaksanakan Ibadah Umrah

By. Miftahul Jannah - 15 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ibadah umrah adalah ibadah yang dapat dilakukan kapan saja selain di musim haji, dengan hakikat tersebut menjadikan jemaah dapat memilih dan menyesuaikan waktu luang untuk melaksanakan ibadah umrah. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umrah karena memiliki keutamaan-keutamaan yang bulan lain tidak mendapatkannya. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai bulan-bulan apa saja yang menjadi waktu terbaik dalam melaksanakan ibadah umrah

 

1. Bulan suci ramadhan

 

Baca Juga : Keistimewaan Wakaf Al-Qur'an di Tanah Suci

 

Jumhur ulama berpendapat bahwa umrah yang dilaksanakan ditanah suci ketika memasuki bulan ramadhan sangat diajurkan sebab memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Rasulullah SAW dalam hadits riwayat bukhari dan muslim bersabda

 

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

 

“jika datang bulan ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan ramadhan bernilai haji bersamaku. (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256)

 

Meskipun disebutkan keutamaannya seperti melaksanakan haji bersama Rasulullah SAW, namun umrah yang dilakukan tersebut tidak menggugurkan kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji. jadi ibadah haji tersebut tetap wajib dilaksanakan ketika jemaah tersebut mampu dalam financial dan kesehatannya.

 

Selain itu, umrah di bulan ramadhan dapat membuka rezeki dan keberkahan, serta mendapatkan banyak pengalaman baru karena dapat melaksanakan sahur, buka puasa, hingga shalat tarawih di masjidil haram

 

2. Bulan muharam

 

Waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umrah adalah selain bulan di musim haji seperti bulan muharram, safar, rabiul awal, rabiul akhir, jumadil awal, jumadil akir, rajab dan syaban.

 

Bulan muharam merupakan salah satu bulan yang istimewa karena menjadi bulan pergantian awal tahun dan akhir tahun di dalam kalender islam.  Bulan muharam memiliki keistimewaan seperti bulan yang agung bagi umat islam dan bulan yang penuh dengan keberkahan. Pada bulan tersebut, jemaah dapat menghindari kezaliman, memaksimalkan ibadah, dan bersiap untuk mengupayakan perubahan . Suasana yang ada di makkah dan di madinah pada waktu bulan muharam juga cenderung lebih lenggang, jadi jemaah dapat melaksanakan aktivitas ibadah dengan khusyu pada bulan yang istimewa tesebut

 

3. Bulan syawal

 

Baca Juga : Menghadapi Ujian dalam Perjalanan Ibadah di Tanah Suci

 

Umumnya, ibadah umrah dapat dilaksanakan kapan saja tanpa adanya aturan waktu secara khusus. Salah satu bulan yang baik untuk melaksanakan ibadah umrah adalah bulan syawal karena ada hadits yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan umrah di bulan syawal

 

عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ النَّبِىَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اعْتَمَرَ عُمْرَتَيْنِ فِى ذِى الْقِعْدَةِ وَعُمْرَةً فِى شَوَّالٍ

 

Artinya, “Dari Aisyah ra: sungguh Nabi Muhammad saw pernah melakukan umrah dua kali, yaitu umrah pada bulan Dzulqa’dah dan umrah pada bulan Syawal.” (HR Abu Dawud).
 

Melaksanakan ibadah umrah di bulan syawal memiliki keistimewaan seperti kembalinya umat islam kepada fitrahnya dan diampuni segala dosanya karena bulan syawal merupakan bulan kemenangan bagi umat muslim yang berhasil melaksanakan ibadah puasa sepanjang pelaksanaan puasa di bulan ramadhan. Namun, dapat diperhatikan bahwa pelasanaan umrah dibulan bulan haji seperti bulan syawal, dulqa’dah dan zulhijah bisa diwajibkan untuk membayar denda.

 

4. Bulan desember sampai dengan bulan januari

 

Karena bulan tersebut Saudi Arabia memasuki bulan dengan musim dingin jadi cuaca disana tidak sepanas bulan-bulan lainnya yang biasanya menembus angka 40-50 derajat celcius. Kondisi cuaca tersebut lebih bersahabat dengan jemaah umrah karena dapat mempermudah jemaah menjalankan berbagai aktivitas ibadah serta mengurangi resiko kelelahan fisik.

 

Bulan desember juga bertepatan dengan waktu liburan, jadi jemaah dapat berumroh ramai-ramai bersama keluarga tanpa mengganggu aktivitas kerja atau aktivitas sekolah. Selain itu, bulan desember menuju bulan januar merupakan moment yang pas untuk melakukan muhasabah akhir tahun agar di bulan januar jemaah menjadi lebih baik lagi seperti harapan yang diinginkan karena dengan bertafakkur di depan ka’bah akan menjadi momen berharga yang memiliki pahala besar.

 

Bulan desember disebut juga dengan akhir tahun, dimana banyak keuntungan-keuntungan yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari aktivitas perdagangan. Tak heran jika banyak tour travel haji da umrah memberikan promo atau discoun untuk pelaksanaan ibadah umrah di bulan desember.

 

Baca Juga : Tips Umrah Bulan Ramadhan

 

Dengan mengetahui waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umrah, jemaah dapat merencanakan perjalanan ibadah mereka dengan lebih baik. Keputusan untuk melaksanakan umrah pada waktu yang tepat juga dapat memberikan pengalaman spiritual yang lebih mendalam serta mendatangkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para jemaah yang sedang merencanakan perjalanan ibadah umrah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp