Berkunjung ke Kebun Kurma di Madinah - City Tour Saudi Arabia

By. Darma Taujiharrahman - 05 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Batemuri sekalian, berikut ini ada informasi mengenai destinasi city tour saat tengah berziarah ke Saudi Arabia berikut penjelasnnya.

 

Sambil menikmati suasana beribadah di kota suci Madinah dan Makkah. Cobalah untuk menikmati perjalanan city tour dengan mengunjungi peternakan unta hingga kebun kurma.

 

Kedua hal ini menjadi ciri khas bagi kebanyakan negara yang terletak di Timur Tengah yang harus ikut serta menjadi destinasi yang dapat dikunjungi kala berkunjung ke sana. Berikut informasi dua destinasi khas yang wajib dikunjungi.

 

Baca juga: Mengenal Masjid Quba, Masjid Bersejarah Umat Islam

 

Perkebunan kurma

 

Di Timur Tengah, kurma telah dimakan selama ribuan tahun. Penghasil kurma terbesar diketahui berada di Madinah, Arab Saudi. Bisa dimaklumi mengapa kota metropolis ini memiliki begitu banyak kebun kurma. Kebanyakan orang yang bepergian ke Arab Saudi untuk umrah suka melewati tempat ini.

 

Pengunjung dapat mengunjungi perkebunan kurma di Madinah, yang dekat dengan Masjid Quba. Sekadar informasi, ada beberapa perkebunan kurma yang berada di dekat Masjid Quba. Masuk akal jika area di sekitar Masjid Quba dulunya adalah tempat pembibitan pohon kurma.

 

Biasanya, kurma belum siap dipanen pada saat tur. Pohon kurma biasanya mulai berbuah antara umur 7 hingga 10 tahun. Tahukah Anda, pohon kurma yang sudah dewasa bisa menghasilkan 80–120 kg kurma setiap musim panen.

 

Sekilas, pohon kurma tampak seperti pohon palem yang tingginya antara 15 hingga 25 meter bagi para pelancong yang belum pernah melihatnya. Namun pada batangnya terdapat duri yang menyerupai pohon salak.

 

Tidak mengherankan jika wisatawan dari Indonesia menggunakan pohon kurma untuk foto mengingat betapa jarangnya pohon kurma di Indonesia.

 

Fakta menarik lainnya adalah tabib Saudi selalu menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi kurma karena dianggap sebagai penawar racun dan sakti.

 

Setelah Anda puas dengan kebun kurma, Anda juga dapat mengunjungi toko suvenir berisi kurma. Semua jenis kurma, termasuk kurma Sukkary, Safawi, Mabroom, Sagai, dan Ajwa, juga disebut sebagai kurma Nabi, dipasarkan. kurma basah segar juga disajikan.

 

Harga kurma bervariasi, dari 10-80 Riyal (Rp 36 ribu-Rp 285 ribu). Umumnya kurma ajwa lebih mahal ketimbang kurma lainnya. Sedangkan kurma basah sering ditawarkan 15-20 Riyal (Rp 53 ribu-Rp 71 ribu) per kilonya.

 

Setelah membaca artikel di atas, tentunya traveler yang umroh atau liburan ke Arab Saudi tidak boleh lupa untuk melihat peternakan unta dan perkebunan kurma

 

Baca juga: Mengenal Masjid Nabawi di Madinah, Ini Dia Keistimewaannya

 

Sekian informasi seputar wisata ziarah di Saudi Arabia

Untuk informasi yang lebih lengkap seputar perjalanan haji ataupun umrah kunjungi kami di www.batemuritour.com, Salam....









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp