Terbesar, Beginiliah Percetakan Al-Quran di Kota Madinah

By. Darma Taujiharrahman - 05 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Batemuri sekalian, berikut ini ada informasi mengenai destinasi city tour saat tengah berziarah ke Saudi Arabia berikut penjelasnnya.

 

Pencetakan Alquran terbesar di dunia terletak di Madinah. Produksi tahunan Alquran di negara ini sekitar 18 juta eksemplar.

 

Kompleks Percetakan Al-Qur'an Raja Fahd, juga dikenal sebagai Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif, adalah tempat pencetakan berlangsung. Masjid Nabawi tidak jauh dari tempat itu. Kurang lebih 11 kilometer (km).

 

Baca juga: Berkunjung ke Peternakan Unta di Hudaibiyah - City Tour Saudi Arabia

 

Raja Fahd Bin Abdul Aziz membuka fasilitas penerbitan Alquran ini pada tahun 1984. Pabrik dikelola oleh 1.300 orang dan buka dua puluh empat jam sehari. Alquran diterjemahkan ke dalam 78 bahasa dan diproduksi dalam puluhan juta eksemplar.

 

Kitab suci itu kemudian didistribusikan dalam berbagai bentuk di seluruh Arab Saudi dalam jutaan eksemplar. serta sejumlah besar negara di seluruh dunia.

 

Menurut Wikipedia.org, Raja Fahd bin Abdul Aziz secara resmi meresmikan kompleks percetakan tersebut pada tahun 1405 Hijriah setelah peletakan batu pertama pada tahun 1403 Hijriah.

 

Selain mencetak lebih dari 160 terjemahan dengan total 193 juta eksemplar, percetakan ini telah menciptakan rata-rata 10 juta eksemplar Alquran setiap tahun dan menyebarkannya ke seluruh benua.

 

Selain itu, studi dan kajian masih terus dilakukan untuk mendukung pencetakan Al-Qur'an dan al-Hadits serta memastikan bahwa metode pencetakan yang digunakan paling up-to-date.

 

400.000 orang datang ke fasilitas percetakan ini setiap tahun.

 

Foto: Percetakan Al-Quran terbesar di dunia

 

Sejak pendirian kompleks ini, 264 juta eksemplar Al-Quran, terjemahan, buku-buku Islami, dan materi lainnya telah diproduksi di sana.

 

Yang paling ditunggu para pengunjungnya adalah bahwa setiap peziarah yang berkunjung ke pabrik tersebut akan mendapatkan Al-Quran Madinah secara Cuma-Cuma.

 

Baca juga: Kisah Dibalik Jabal Uhud, Saksi Bisu Perang Uhud

 

Sekian informasi seputar wisata ziarah di Saudi Arabia

Untuk informasi yang lebih lengkap seputar perjalanan haji ataupun umrah kunjungi kami di www.batemuritour.com, Salam....









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp