Tahapan Penting Sebelum Menunaikan Ibadah Haji atau Umrah

By. Miftahul Jannah - 18 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Salah satu tahapan penting sebelum memasuki ihram pada perjalanan haji dan umrah adalah mandi ihram. Mandi ihram tidak hanya merupakan ritual fisik semata, tetapi juga simbolik, menciptakan keadaan spiritual yang sesuai dengan tujuan suci yang akan dicapai. Mandi ihram tidak hanya dilakukan hanya oleh laki-laki saja ataupun hanya perempuan saja, namun mandi wajib dilakukan untuk semua orang yang akan melaksanakan ibadah haji ataupun umrah.

 

Baca Juga : Haji Mabrur: Ketahui Pengertian, Syarat, dan Ciri-cirinya

 

Kesunnahan mandi tersebut berlaku untuk ihram haji maupun ihram umrah. Hal ini sesuai dengan pendapat Syeikh Ibnu Hajar dalam Hasyiyah Ibni Hajar alal Idhah.

 

قوله (ويستحب للحاج الغسل في عشرة مواضع للإحرام) ولو بالعمرة والقصد به العبادة والتنظيف

 

Artinya: "Perkataan, (jamaah haji dianjurkan mandi pada 10 titik, yaitu ihram dan seterusnya) sekalipun ihram umrah. Tujuannya adalah ibadah dan kebersihan,"
 

Selain itu, disebutkan juga bahwa mandi ihram terdiri atas dua tujuan, yang pertama ibadah karena mengamalkan mandi sebagai satu dari rangkaian manasik haji yang dilakukan Rasulullah saw dan sahabatnya. Kedua, mandi ihram yang bertujuan untuk membersihkan badan dan menghilangkan bau badan yang mengganggu baik dirinya maupun jamaah haji lain.

 

  قوله التنطيف أي وقطع الروائح الكريهة لدفع أذاها عن الناس عند اجتماعهم  

 

Artinya, “’Pembersihanmaksudnya penghilangan bau badan agar tidak menyakiti atau menganggu orang lain ketika berinteraksi,(Syekh M Mahfudh Termas, Hasyiyatut Turmusi, [Jeddah, Darul Minhaj: 2011 M/1432 H], juz VI, halaman 156).

 

Baca Juga : Persiapan Penting Umrah Bagi Lansia

 

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, pentingnya mandi ihram dapat dipahami dari beberapa aspek:

 

1. Pembersihan Fisik dan Spiritual

 

Mandi ihram tidak hanya membersihkan tubuh secara fisik sebelum memasuki tanah suci, tetapi juga membantu membersihkan jiwa dan pikiran. Ini memungkinkan jemaah untuk melaksanakan ibadah dengan pikiran yang jernih dan kondisi hati yang bersih.

 

2. Persiapan untuk Kesucian

 

Ihram adalah keadaan suci yang harus dipelihara selama perjalanan haji atau umrah. Mandi ihram adalah langkah awal dalam memasuki tanah suci agar jemaah dalam keadaan suci tanpa adanya najis yang diketahui ataupun tidak diketahui dan siap untuk melaksankaan rangkaian-rangkaian ibadah haji dan urmah. 

 

3. Pemisahan dari pikiran duniawi

 

Mandi ihram juga memiliki makna pemisah dari dunia karena setelah melaksanakan mandi ihram, jemaah akan fokus hanya ke ibadah saja tanpa adanya jeratan pikiran untuk memikirkan selain ibadah yang sedang dilakukan.

 

Baca Juga : Tips Beribadah Umrah dengan Aman dan Nyaman

 

Mandi ihram adalah tahapan awal yang penting dalam mempersiapkan diri untuk ibadah haji dan umrah. Selain membersihkan tubuh secara fisik, mandi ini juga membantu dalam membersihkan jiwa dan pikiran, mempersiapkan jemaah untuk memasuki keadaan suci dan khusus selama perjalanan ibadah yang dilaksanakan. Dengan mematuhi tata cara dan tujuan spiritualnya, mandi ihram menjadi salah satu ritual awal yang bermakna pada penegakkan ibadah haji dan umrah secara penuh. Semoga setiap jemaah dapat melaksanakan mandi ihram dengan khushu' dan mendapatkan berkah yang melimpah dalam ibadahnya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp