Wujudkan Niat Berhaji Mulai dari Sekarang

By. Miftahul Jannah - 21 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Menunaikan ibadah haji di tanah suci merupakan cara seseorang yang mampu secara fisik, batin, dan biaya untuk menyempurnakan rukun islam yang ke lima. Maka dari itu, pada diri umat muslim harus ditanamkan niat untuk menyempurnakan rukun islam dari nomor satu sampai nomor lima.

 

Baca Juga : Haji Mabrur: Ketahui Pengertian, Syarat, dan Ciri-cirinya

 

Menunaikan ibadah haji didasarkan pada ayat dan hadits berikut

 

  • Ayat (QS Ali ‘Imran: 97).

 

وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

 

Artinya: “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”
 

  • Hadits (HR Muslim).

 

أيُّهَا النَّاسُ، قَدْ فَرَضَ اللهُ عَلَيْكُم الحَجَّ فَحُجُّوا

 

Artinya, Wahai manusia! Sungguh Allah telah mewajibkan haji atas kamu sekalian, maka kerjakanlah haji(HR Muslim).

 

Niat untuk menunaikan ibadah haji tidak cukup jika hanya diniatkan didalam hati saja, namun mewujudkannya perlu dengan cara mendaftarkan diri sebagai jemaah haji pada kantor kementerian agama kabupaten atau kota terdekat di daerah tempat tinggal. Pendaftaran menjadi jemaah haji dapat dilakukan setiap jam kerja di kantor kementerian agama kabupaten atau kota sesuai dengan kartu tanda penduduk.

 

Baca Juga : Anjuran Meminta Do'a Kepada Orang Yang Pulang Berhaji

 

Setelah mendaftar, calon jemaah haji perlu untuk menyelesaikan persyaratan yang telah ditetapkan sampai mendapatkan nomor porsi, setelah mendapatkan nomor porsi sesuai dengan UU No 8 Tahun 2019 maka seseorang tersebut sudah termasuk jemaah haji. Dengan hal tersebutlah niat haji telah diwujudkan.

 

Adapun mewujudkan niat ibadah haji dengan melakukan pendaftaran haji hingga sampai pada keberangkatan haji memiliki manfaat sebagai berikut :

 

1. Meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT

 

2. Sebagai pengakuan diri sebagai hamba Allah SWT

 

3. Menjadi umat muslim yang bisa menjalankan perintah Allah SWT

 

4. Menambah kekhusyu'an dalam melaksanakan berbagai beribadah

 

5. Meningkatkan diri menjadi lebih baik lagi

 

6. Hati menjadi lebih tenang, tentram, dan damai

 

7. Terhapusnya dosa-dosa yang pernah dilakukan

 

Baca Juga : Haji Furoda (Fasilitas dan Syarat Ketentuannya)

 

Menunaikan ibadah haji bukan hanya sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang memperkaya pengalaman iman seseorang. Dengan kesungguhan dan niat yang tulus, ibadah haji dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memperoleh berkah dan ampunan-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp