Fasilitas Mencuci dan Menjemur Baju Bagi Jemaah Haji

By. Miftahul Jannah - 21 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Mencuci pakaian merupakan hal yang penting dilakukan jemaah haji untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan selama menjalani ibadah haji. Selain itu, mencuci pakaian dapat membuat jemaah terhindar dari najis yang terlihat maupun tidak terlihat, dan memungkinkan jemaah haji lebih hemat untuk tidak membeli baju ganti ketika pakaian yang dikenakan sudah habis terpakai semuanya. Namun, sebaiknya dalam melaksanakan ibadah haji, jemaah rutin untuk mencuci pakaiannya setiap satu atau dua hari sekali sehinga tidak menumpuk dan menyebabkan antrean jemaah lain yang ingin menggunakan juga menjadi lama.

 

Baca Juga : Ini Dia 5 Tips Mencuci Pakaian saat Melaksanakan Ibadah Haji

 

Didalam hotel tempat jemaah tinggal selama berhaji menyediakan mesin cuci yang dapat digunakan para jemaah haji yang membutuhkan. Mesin cuci tersebut tidak tersedia didalam setiap kamar, namun tersedia beberapa unit di setiap lantai, maupun hanya disediakan di lantai tertentu saja.

 

Selain menyediakan mesin cuci sebagai fasilitas jemaah haji, umumnya hotel juga menyediakan tempat untuk jemuran pakaian jemaah haji. Adanya ruangan diharapkan dapat digunakan oleh jemaah haji agar tidak menjemur pakaian ditempat yang terbuka, balkon, atau di dalam kamar mandi agar tidak menimbulkan hal yang membahayakan, meminimalisir kehilangan baju karena terbang, dan membuat pemandangan menjadi kurang rapi.

 

Hendaknya jemaah haji perempuan ketika ingin berpergian ke ruangan untuk menjemur pakaian tidak sendirian, harus ditemani suami, saudara, perempuan lain, atau orang terdekat yang dapat dipercaya. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan terutaman pelecehan seksual karena ruangan untuk menjemur baju merupakan ruangan yang sangat sepi dan jarang ada penjagaannya.

 

Baca Juga : Azka Al Safa Hotel, Rekomendasi Hotel *5 Makkah

 

Ruangan penjemuran baju tersebut biasanya menyediakan alat jemur dengan jumlah terbatas namun dapat digunakan secara bergantian oleh jemaah haji. Namun, penggunaan secara bergilir tersebut jemaah harus menggunakannya dengan bijak untuk menjaga agar barang tidak rusak dan segera diangkat jika pakaian yang dicuci sudah kering agar dapat digunakan oleh jemaah haji lainnya.

 

Namun, banyaknya jemaah haji dari seluruh penjuru dunia memungkinkan penuhnya penggunaan tempat jemuran bagi jemaah haji. jika hal tersebut terjadi, maka jemaah dapat membuat alat jemuran sendiri dari tali yang dibentangkan di tempat yang masih kosong.

 

Jika jemaah terpaksa tidak ada tempat lain, jemaah tidak diperbolehkan untuk menjemur balkon atau di luar jendela kamar karena berbahaya dan menutupi jendela. Namun, jika hanya ada ruangan kosong namun berada didalam kamar, hendaknya jemaah meminta izin kepada jemaah lain atau anggota kamar, pelaksanaannya tidak mengganggu jemaah lain, dan ketika kering untuk segera diambil, dilipat, dan disimpan.

 

Baca Juga : Fakta Dhobi Ghat, Laundry Terbuka Terbesar di India !

 

Dengan disediakannya fasilitas mesin cuci dan ruangan jemuran dihotel tempat tinggal jemaah haji, diharapkan semua jemaah haji dapat menjaga kebersihan dan menghindarkan dari najis agar pelaksanaan ibadah haji menjadi lancar dan nyaman.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp