Aktivitas yang dapat dilakukan Jemaah Haji Ketika Berada didalam Pesawat

By. Miftahul Jannah - 21 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Perjalanan udara dalam ibadah haji sering kali memakan waktu yang cukup lama, terutama saat pesawat sedang dalam proses lepas landas atau penerbangan yang berlangsung kurang lebih 10 jam. Dengan waktu perjalanan haji sepanjang itu, jemaah haji dapat menggunakan waktu luang tersebut dengan produktif dan bermanfaat. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa kegiatan yang dapat dilakukan jemaah haji saat berada di dalam pesawat.

 

Baca Juga : Perjalanan Pertama Haji Via Udara Tahun 1952, Tarifnya Rp 16.691

 

 1. Makan

 

Saat berada di dalam pesawat, jemaah haji dapat menggunakan waktu luang untuk makan karena di dalam pesawat sudah disiapkan sejumlah makanan ringan yang akan dibagikan oleh awak pesawat. Makanan tersebut terdiri dari makanan besar dan makanan ringan sehingga jemaah dapat menikmati dan tidak akan merasa kelaparan ketika sedang dalam kondisi penerbangan karena mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup juga penting untuk menjaga stamina dan kesehatan jemaah selama perjalanan udara yang panjang.

 

 2. Mengisi waktu dengan memperbanyak pahala

 

Menggunakan waktu luang di pesawat untuk memperbanyak amal ibadah adalah pilihan yang sangat baik. Jemaah haji dapat membaca Al-Quran, melakukan dzikir, atau berdoa selama perjalanan udara. Mengingat pentingnya memperbanyak pahala selama ibadah haji, menggunakan waktu luang di pesawat untuk beribadah merupakan investasi yang bernilai besar di sisi Allah SWT.

 

 3. Mempersiapkan Pakaian

 

Baca Juga : Tips Memilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya

 

Selama perjalanan panjang, jemaah haji dapat memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan pakaian, terutama pakaian ihram yang akan digunakan untuk mengambil miqat. Jemaah juga perlu menggunakan pakaian yang agak tebal untuk menghindari dinginnya udara pada saat penerbangan berlangsung.

 

 

 4. Berolahraga

 

Meskipun ruang gerak di dalam pesawat terbatas, jemaah haji masih dapat melakukan beberapa gerakan ringan untuk menjaga kesehatan dan menghindari kram otot. Salah satu kegoiatan olahraga yang dapat dilakukan jemaah ketika berada di dalam pesawat yakni menggerakkan kaki secara teratur atau melakukan gerakan peregangan ringan yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh tetap segar selama perjalanan yang Panjang tersebut.

 

Baca Juga : Arab Saudi Siap Operasikan Taksi Terbang untuk Jemaah Haji dan Umrah

 

Dengan memanfaatkan waktu luang di dalam pesawat dengan bijak, jemaah haji dapat menjalani perjalanan udara dengan nyaman dan produktif. Selain itu, meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat juga merupakan bagian dari memperkaya pengalaman spiritual selama ibadah haji.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp