Mengenal Masjid al-Jum'at, Masjid Bersejarah di Madinah

By. Dewi Savitri - 06 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Berikut adalah salah satu masjid bersejarah yang menjadi destinasi city tour para jamaah umrah saat di Madinah. Masjid tersebut adalah Masjid al-Jum’ah.

 

Baca Juga: Mengenal Masjid Nabawi di Madinah, Ini Dia Keistimewaannya

 

Masjid Al-Jum’ah merupakan situs sejarah yang terletak di barat daya Madinah, 900 meter di utara Masjid Quba dan 6 kilometer dari Masjid Nabawi. Menurut sejarah, masjid ini merupakan tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW bersama para pengikutnya melaksanakan sholat jum’at.

 

Mengutip dari umroh.com, awalnya masjid ini didirikan dan diberi nama Jum’ah karena pada saat perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah, di hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun 1 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW dengan para pengikutnya singgah di Masjid Quba hingga 4 hari. Kemudian di pagi hari, yaitu pada hari Jum’at, mereka kembali melanjutkan perjalanan untuk menuju Madinah, lalu berhenti di sebuah wilayah Wadi Ranuna’ untuk melaksanakan sholat Jum’at.

 

Pada awalnya, masjid ini dibangun dengan menggunakan beberapa batu, kemudian dihancurkan dan direnovasi beberapa kali. Mengutip dari ihram.com, sebelum dilakukan perluasan terakhir, masjid dibangun di atas gundukan kecil dengan satu kubah yang terbuat dari batu bata merah. Kemudian, masjid ini dibangun kembali dan dapat menampung 650 jamaah.

 

Baca Juga: Mengenal Tempat Wukuf di Mina, Kota Seribu Tenda

 

Setelah dilakukan beberapa kali renovasi hingga tahun 1409 H, akhirnya masjid ini berdiri dengan megah yang memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti perpustakaan, asrama untuk imam dan muadzin, madrasah untuk menghafal al-Qur’an, tempat wudhu dan toilet.

 

Selain itu, Masjid al-Jum’ah saat ini memiliki menara tinggi yang indah dan megah serta satu kubah besar yang berada tepat diatas area sholat dibagian tengah dan empat kubah kecil yang sangat indah. Keindahan ini yang memikat para jamaah untuk datang berkunjung dan menunaikan ibadah sholat dai Masjid al-Jum’ah.

 

Itu dia informasi mengenai Masjid al-Jum’ah, masjid pertama dimana Rasulullah SAW melaksanakan sholat Jum’at. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batmuri sekalian!!

 

Baca Juga: Mengenal Masjid Quba, Masjid Bersejarah Umat Islam

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp