Aktivitas Penting Bagi Jemaah Haji Setelah Kembali ke Rumah

By. Miftahul Jannah - 25 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Perjalanan haji adalah momen suci yang membawa banyak keberkahan dan kebahagiaan bagi jemaah haji. Namun, setelah menyelesaikan ibadah yang mulia tersebut dan kembali ke rumah, ada beberapa aktivitas penting yang harus dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keselamatan mereka. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh jemaah haji setelah tiba di rumah:

 

Baca Juga : Walimatussafar Sebagai Euforia Pra Ibadah Haji

 

 1. Melakukan sujud syukur

 

Setibanya di rumah, jemaah haji disunnahkan untuk melakukan sujud syukur kepada Allah SWT. Ini adalah ekspresi rasa syukur atas kesempatan dan kemudahan yang diberikan Allah dalam menyelesaikan ibadah haji dengan lancar. Sujud Syukur sambil mengucapkan

 

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

 

Sajada wajhiya lilladzii kholaqohu wasyaqqo sam’ahu wabashorohu bihaulihi waquwwatih

 

Artinya : “Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya.”

 

 2. Membersihkan Diri dan Mengganti Pakaian

 

Setelah perjalanan yang panjang, penting bagi jemaah haji untuk membersihkan diri dan mengganti pakaian dengan yang bersih dan sopan. Hal ini akan memberikan kesegaran dan kenyamanan setelah melewati berbagai proses dan tantangan selama perjalanan haji.

 

 3. Berdoa untuk Keluarga dan Kerabat

 

Baca Juga : Aktivitas yang dapat dilakukan Jemaah Haji Ketika Berada didalam Pesawat

 

Jemaah haji disarankan dapat meluangkan waktu untuk mendo'akan bagi seluruh anggota keluarga, tetangga, dan kerabat yang telah memberikan doa dan dukungan selama perjalanan haji. Doa ini menjadi wujud rasa terima kasih dan memohon keberkahan bagi orang-orang terdekat.

 

 4. Beristirahat yang Cukup

 

Perjalanan haji merupakan pengalaman yang melelahkan secara fisik dan mental. Oleh karena itu, setelah kembali ke rumah, jemaah haji perlu mengatur waktu untuk beristirahat yang cukup agar tubuh dan pikiran dapat pulih sepenuhnya.

 

 5. Mengambil Koper di Kementerian Agama

 

Jemaah haji atau dapat diwakilkan keluarganya dapat mengambil atau mengurus koper di Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan dengan membawa kartu pengambilan koper sebagai bukti identitas.

 

 6. Melakukan Pelaporan Kesehatan

 

Jemaah haji diwajibkan untuk mengembalikan kartu kesehatan haji ke Puskesmas setempat dan melaporkan apabila ada keluhan kesehatan. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa kesehatan jemaah haji terjaga dan mendapatkan perawatan yang tepat jika diperlukan.

 

Baca Juga : Barang-barang yang Tidak Diperbolehkan Dibawa oleh Jemaah Haji dalam Penerbangan

 

Dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, jemaah haji dapat menjaga momentum keberkahan yang diperoleh selama perjalanan haji dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka setelah kembali ke rumah. Semoga setiap langkah yang diambil membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi jemaah haji dan keluarganya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp