“Haji Qiran” Ihram untuk Ibadah Umrah dan Haji Sekaligus dari Miqat

By. Miftahul Jannah - 25 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Haji qiran adalah salah datu dari tiga jenis haji yang diakui dalam agaa islam. Istilah qiran berasal dari bahasa arab yang memiliki arti “menyatukan”. Dalam konteks haji, istilah ini mengacu pada menyatukan antara ibadah umrah dan haji dalam satu waktu dengan menggunakan satu ihram untuk kedua ibadah tersebut. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, pelaksanaan, serta keistimewaan dari haji qiran.

 

Baca Juga : Mengenal Haji Tamattu’ Haji yang Lebih Banyak Dilakukan Oleh Jemaah Indonesia

 

Pengertian Haji Qiran

 

Haji qiran merupakan  haji yang dilakukan oleh seseorang yang berihram haji dan umrah secara bersamaan. Maksudnya jemaah yang melakukan haji pada jenis ini, mereka memulai ibadah haji dengan menunaikan umrah terlebih dahulu dan kemudian mereka tetap dalam keadaan ihram hingga menyelesaikan ibadah haji.

 

Pelaksanaan Haji Qiran

 

Pelaksanaan haji qiran dimulai dengan melakukan ihram di miqat yang telah ditetapkan. Para jemaah menucapkan niat ihram untuk ibadah haji dan umrah nya secara bersamaan. Setelah itu jemaah akan menunaikan ibadah umrah sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan dan kemudian mereka tetap berada dalam keadaan ihram melanjutkan perjalanan untuk menunaikan ibadah haji.

 

Menurut mayoritas ulama, haji qiran sudah mencangkup amalan melaksanakan ibadah haji dan umrah karena pelaksanaannya cukup satu kali melakukan thawaf dan sa’i.  Niat ketika melakukan ibadah haji qiran yakni Nawaitul hajja wa umrata qiranan

 

Baca Juga : Mengenal Dam Haji dan Cara Pendistribusiannya

 

Keistimewaan Haji Qiran

 

1. Menurut mayoritas ulama, haji qiran sudah mencangkup amalan melaksanakan ibadah haji dan umrah karena pelaksanaannya cukup satu kali melakukan thawaf dan sa’i.

 

2. Para jemaah dapat menghemat biaya, akomodasi, dan lainnya karena tidak perlu menunaikan ibadah haji dan ibadah umrah pada waktu yang berbeda di tahun yang sama.

 

3. Mendapatkan pahala besar karena menyatukan dua ibadah besar.

 

4. Lebih efisien dalam penggunaan waktu dan biaya karena melakukan ibadah umrah dan haji dalam satu pelaksanaan.

 

5. Meningkatkan rasa ketaatan dan kesadaran spiritual karena menjalani ibadah haji dan umrah dalam keadaan ihram yang kontinyu.

 

Baca Juga : Kriteria Mampu Pada Pelaksanaan Ibadah Haji

 

Dengan demikian, haji qiran bukan hanya merupakan kewajiban ibadah bagi umat islam, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dan pengampunan dari Allah SWT. Melalui pelaksanaan haji qiran, para jemaah dapat mendekatkan diri dan meningkatkan ketaatan serta kesadaran spiritual kepada Allah SWT dalam menjalani kehidupan mereka.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp