Inilah 3 Hal Yang Allah Janjikan Kepada Pelaksana Ibadah Umrah

By. Miftahul Jannah - 28 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ibadah umrah bukan sekadar perjalanan fisik menuju Baitullah di Makkah, tetapi juga sebuah perjalanan spiritual yang penuh dengan janji dan rahmat dari Allah SWT. Dalam melakukan ibadah yang mulia ini, umat Islam dipenuhi dengan harapan akan ampunan, diijabahnya doa, dan mendapatkan keberkahan hidup yang melimpah. Mari kita eksplorasi beberapa janji Allah yang diperoleh oleh bagi para pelaksana ibadah umrah:

 

Baca Juga : Ibadah haji hanya wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup, Simak alasannya

 

 1. Diampuni Dosanya

 

Salah satu janji paling mulia dari Allah SWT kepada orang-orang yang berumrah adalah ampunan atas dosa-dosa mereka. Saat seseorang melangkah menuju Baitullah dengan penuh kesungguhan hati dan ketulusan, Allah dengan rahmat-Nya menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan. Inilah salah satu keistimewaan yang menjadikan ibadah umrah sebagai peluang besar untuk memulai lembaran baru dalam kehidupan spiritual. Hal tersebut didasarkan pada hadits berikut:

 

العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة

 

Artinya, Satu umrah menuju umrah selanjutnya dapat menghapus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur hanya akan diganjar dengan surga.(HR. Bukhari dan Muslim)

 

تابعوا بين الحج والعمرة؛ فإنهما ينفيان الفقر والذنوب كما ينفي الكير خبث الحديد والذهب والفضة وليس للحج المبرور ثواب إلا الجنة

 

Artinya, Lakukanlah haji dan umrah secara berturut (entah haji dulu lalu umrah, atau sebaliknya), karena keduanya dapat menghapus kefakiran dan dosa sebagaimana ubub membersihkan besi, emas dan perak, dan haji mabrur hanya akan diganjar dengan surga.(HR. At-Tirmidzi)

 

 2. Diijabah Do’anya

 

Allah SWT berjanji untuk mengabulkan doa-doa para jamaah umrah yang dilakukan dengan ikhlas dan tulus. Saat berada di tanah suci, di hadapan Baitullah yang suci, setiap doa terasa lebih dekat dan lebih berarti. Maka, setiap permohonan yang diajukan dengan hati yang bersih dan penuh keimanan memiliki peluang besar untuk diijabah oleh Allah SWT. Hal tersebut didasarkan hadits berikut:

 

الغازي في سبيل اللَّه، والحاج، والمعتمر، وفد اللَّه دعاهم فأجابوا وسألوه فأعطاهم

 

Baca Juga : Inilah 4 Ciri Ibadah Haji yang Tertolak dan Tidak Bermanfaat

 

Artinya, Bala tentara fi sabilillah, jamaah haji dan umrah adalah wakil Allah, saat dipanggil, mereka berduyun-duyun memenuhi panggilan, dan saat mereka meminta, Allah pasti kabulkan.

 

 3. Diberkahi Hidupnya

 

Melalui ibadah umrah, Allah juga berjanji untuk memberkahi hidup para pelakunya. Berkah hidup yang dimaksud tidak hanya berupa kekayaan materi, tetapi juga keberkahan dalam segala aspek kehidupan, seperti kesehatan, keluarga, rezeki, dan ketentraman jiwa. Dengan mendekatkan diri kepada-Nya melalui ibadah haji dan umrah, seseorang akan merasakan berkah yang melimpah dalam setiap langkah kehidupannya. hal tersebut didasarkan pada hadits berikut: 

 

 عن أبي ذر أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى الله عليه وسلم قال إِنَّ دَاوُدَ النَّبِيَّ عليه السلام قال إِلَهِيْ مَا لِعِبَادِكَ عَلَيْكَ إِذَا هُمْ زَارُوْكَ فِي بَيْتِكَ قال إِنَّ لِكُلِّ زَائِرٍ عَلَى المَزُوْرِ حَقًّا يَا دَاوُدُ إِنَّ لَهُمْ عَلَيَّ أَنْ أُعَافِيَهُمْ فِي الدُّنْيَا وَأَغْفِرَ لَهُمْ إِذَا لَقِيْتُهُمْ  

 

Artinya, Dari sahabat Abu Zarr ra, Nabi Muhammad saw bercerita, Nabi Dawud as pernah berdoa, Tuhanku, apa yang didapat hamba-Mu bila mereka mengunjungi-Mu pada rumah-Mu?Allah menjawab, Setiap pengunjung memiliki hak atas yang dikunjungi. Wahai Dawud, sungguh mereka berhak mendapatkan kesembuhan di dunia dan ampunan dari-Ku ketika kelak Kujumpai mereka (di akhirat),’’” (HR At-Thabarani).

 

Sebagai ibadah yang dijalankan dengan penuh kekhusyukan dan pengabdian, umrah tidak hanya memberikan manfaat jasmani, tetapi juga spiritual bagi para pelakunya. Dengan menjalankan ibadah umrah, umat Islam memperoleh janji Allah SWT yang penuh dengan rahmat dan kemurahan-Nya.

 

Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk menjalankan ibadah umrah dengan sungguh-sungguh, mengikuti aturan dan tata cara yang telah ditetapkan, serta mempersembahkan ibadah tersebut dengan hati yang bersih dan penuh keimanan. Dengan demikian, mereka akan merasakan nikmatnya ampunan dosa, kesempurnaan doa, dan berkah hidup yang Allah janjikan kepada mereka yang beriman dan bertakwa.

 

Baca Juga : Ini Dia Manfaat Do'a Pasca Talbiyah, Kunci mendapat Ridha hingga perlindungan dari Neraka

 

Sejatinya, ibadah umrah adalah perjalanan spiritual yang tidak hanya berhenti pada ritual fisik semata, tetapi juga mencakup perjalanan batin yang mendalam. Dengan memahami dan menghayati janji Allah dalam ibadah umrah, umat Islam akan semakin termotivasi untuk melaksanakan ibadah tersebut dengan penuh keikhlasan dan keyakinan. Semoga setiap langkah yang dijalani dalam ibadah haji dan umrah membawa berkah dan rahmat dari Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Amin.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp