Info Seputar Kain Ihram

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

 

Pakaian Ihram Laki laki
Merupakan pakaian yang di gunakan oleh Jamaah Haji/Umrah Laki-laki berupa dua potong kain yang tidak berjahit. Seorang laki-laki muhrim menggunakan sepotong kain yang dipakai di sekitar pinggang ke bawah untuk dijadikan sebagai sarung yang menutupi pusar sampai lutut dan itu disebut dengan "izar". Potongan kain lainnya digunakan untuk menutup tubuh bagian atas laki-laki dan itu disebut dengan "rida". Rida diletakkan di kedua bahu. Adapun mengenai kebenaran "Tawassyuh" (melibatkan salah satu sisi kain dari bawah ketiak kanan dan meletakkannya di sebelah kiri atau sebaliknya), terdapat perbedaan pendapat; sebagian kelompok fukaha memperbolehkan hal tersebut dan sekelompok lain tidak memperbolehkannya.


Material untuk Pakaian Ihram
Sekarang ini, sudah banyak pabrik kain ihram sehingga tidak sulit lagi menemukan kain suci tersebut. Apalagi, kain ihram diproduksi dengan banyak varian yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.Pakaian ihram biasanya terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat untuk memberikan kenyamanan saat beribadah, seperti handuk ataupun kain katun. Namun, kain ihram berbahan handuk lebih diminati karena lebih mudah menyerap keringat saat musim panas dan mampu menghangatkan saat cuaca dingin.

Ukuran dan Berat Pakaian Ihram yang Bervariasi
Tidak hanya jenisnya saja, pakaian ihram juga tersedia dalam ukuran yang bervariasi, di antaranya adalah:
212 cm (panjang) x 113 cm (lebar)
225 cm (panjang) x 115 cm (lebar)
230 cm (panjang) x 120 cm (lebar)
240 cm (panjang) x 120 cm (lebar)
 Selain ukuran, pakaian ihram juga memiliki berat yang berbeda-beda, mulai dari 1,1 kg, 1,2 kg, 1,4 kg, 1,6 kg, dan 1,8 kg. Sebagai calon pembeli, tentunya Anda boleh memilih pakaian ihram sesuai dengan selera dan kebutuhan. Yang terpenting adalah memilih pakaian ihram dengan kualitas yang baik sehingga pelaksanaan ibadah dapat berjalan dengan lancar.

Cara Memilih Pakaian Ihram yang Baik
Bagi sebagian orang yang belum pernah melaksanakan ibadah haji ataupun umrah, mungkin akan merasa kesulitan dalam memilih pakaian ihram yang baik. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
(1) Bahan
Sebelum membeli pakaian ihram, kenali bahannya terlebih dahulu. Sebab, suhu di Tanah Suci memiliki perbedaan yang sangat signifikan antara siang dan malam hari. Selain itu, cari tahu juga musim yang sedang terjadi karena akan memengaruhi pemilihan pakaian ihram.
Saat melaksanakan ibadah haji atau umrah pada musim panas, pakaian ihram yang disarankan untuk laki-laki berbahan handuk karena dapat menyerap keringat dan mengurangi rasa gerah. Sementara itu, kaum perempuan bisa memilih bahan rayon atau katun karena juga dapat menyerap keringat dengan mudah. Sementara pada musim dingin, jemaah pria dan wanita bisa memilih pakaian ihram dengan bahan yang lebih tebal.
(2) Warna
Perhatikan juga pemilihan warna untuk pakaian ihram. Bagi laki-laki, pakaian ihram yang disarankan berwarna putih. Perempuan boleh memakai warna lain, asalkan masih termasuk warna-warna sederhana atau tidak mencolok.
(3) Kualitas
Kain ihram murah memang sangat menggiurkan, tapi bagaimana dengan kualitasnya? Pastikan pemilihan pakaian ihram mempertimbangkan segi kualitas untuk menjamin kenyamanan Anda selama memakainya.

Demikianlah spesifikasi umum sebuah kain ihram dan cara memilihnya. Anda tinggal mencari tempat jual kain ihram yang berkualitas dan relatif murah.



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp