Inilah Kuota Haji Indonesia Tahun 2024 Sebagai Kuota Haji Terbesar Sepanjang Masa

By. Miftahul Jannah - 03 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Pemerintah Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk mengirimkan lebih banyak jamaah haji pada musim haji tahun 2024 ini. Kuota haji Indonesia yang awalnya ditetapkan sebesar 221.000 jamaah, mendapat tambahan sebesar 20.000 kuota sehingga total kuota haji Indonesia pada tahun 2024 menjadi 241.000 jamaah.

 

Baca Juga : Rencana Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M

 

Peningkatan kuota haji ini tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang selama ini harus menunggu bertahun-tahun untuk dapat menunaikan ibadah haji. Dengan adanya tambahan kuota sebesar 20.000 jamaah, maka lebih banyak calon jamaah haji yang dapat segera merealisasikan niat suci mereka untuk menunaikan rukun Islam kelima ini.

 

Dari total kuota 241.000 jamaah, terbagi menjadi 213.320 jamaah haji reguler dan 27.680 jamaah haji khusus. Jamaah haji reguler merupakan jamaah yang mengikuti program haji melalui skema pendaftaran reguler di Kementerian Agama, sedangkan jamaah haji khusus adalah jamaah yang mengikuti program haji melalui skema penyelenggaraan khusus oleh pihak swasta atau travel haji.

 

Peningkatan kuota haji ini tentunya juga akan dibarengi dengan penambahan jumlah petugas haji yang akan membantu dalam penyelenggaraan ibadah haji di tanah suci. Awalnya, jumlah petugas haji yang disiapkan adalah sebanyak 2.100 orang. Namun, dengan adanya penambahan kuota jamaah, jumlah petugas haji juga turut ditambah menjadi 4.421 orang.

 

Baca Juga : 8 Komitmen KBIHU Dalam Sukseskan Pelaksanaan Haji Ramah Lansia Tahun 1445 H/2024 M

 

Para petugas haji ini memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan ibadah haji bagi seluruh jamaah Indonesia. Mereka akan membantu dalam hal pendampingan, bimbingan, dan layanan kepada jamaah haji selama berada di tanah suci, mulai dari kedatangan hingga kepulangan ke tanah air.

 

Penambahan kuota haji dan petugas haji ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Indonesia dalam hal penyelenggaraan ibadah haji. Namun, dengan pengalaman dan persiapan yang matang, tentunya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 ini akan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh jamaah.

 

Bagi calon jamaah haji yang telah mendaftar dan menunggu untuk dapat menunaikan ibadah haji, penambahan kuota ini tentunya menjadi angin segar. Dengan peningkatan kuota sebesar 20.000 jamaah, maka kesempatan untuk dapat segera menunaikan rukun Islam kelima ini menjadi lebih besar.

 

Baca Juga : Jadwal Perjalanan Ibadah Haji 1445 H/2024 M untuk Jemaah Haji Indonesia

 

Penyelenggaraan ibadah haji yang sukses dan lancar tentunya menjadi harapan bagi seluruh pihak, baik Pemerintah Indonesia, petugas haji, maupun jamaah haji sendiri. Dengan kerja sama dan persiapan yang baik, insyaallah ibadah haji pada tahun 2024 ini dapat berjalan dengan khusyuk dan penuh keberkahan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp