Pasar Kurma, Pusat Jual Beli Kurma Terbesar di Madinah

By. Darma Taujiharrahman - 12 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Salah satu oleh-oleh khas Tanah Suci yang biasanya dicari jamaah haji adalah kurma Madinah. Disebut kurma Madinah karena memang kurma ini lebih besar, dan kenyal daging buahnya. Rasanya pun manis dengan daging buah kering. Kurma ini tentu saja didatangkan dari Madinah. Kota Madinah al Munawarah memang dikenal sebagai produsen kurma nomor satu di Arab Saudi. Komoditas ini merupakan salah satu yang banyak diincar oleh para jamaah dari seluruh dunia hingga membuatnya sangat ramai diperdagangkan.

 

Kurma Madinah dikenal memiliki cita rasa manis yang lezat dan tekstur yang lembut. Buah ini memiliki warna kecoklatan yang menarik, dengan biji yang terletak di dalamnya. Kurma Madinah biasanya dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari, tanpa penggunaan bahan kimia atau pengawet tambahan, sehingga menjadikannya pilihan yang lebih sehat bagi konsumen.

 

Baca juga: 

 

Untuk memperoleh kurma, tempat yang paling banyak dikunjungi jamaah pada setiap musim haji adalah Pasar Kurma (Madinah Dantes Market). Terletak di pusat kota, sekitar 600 meter arah selatan dari Masjid Nabawi, tepatnya di kawasan Qurban. Lebih mudahnya, untuk pergi ke Pasar Kurma, berjalanlah ke arah Kubah Hijau Masjid Nabawi dari arah Baqi.

 

Kemudian jika kita menghadap ke arah Kubah Hijau dan membelakangi Baqi, Pasar Kurma berada di sisi kanan kita. Berjalanlah lurus ke arah kanan maka, kita melihat Pasar Kurma. Cukup besar dan mencolok mata. Pasar kurma ini dibangun tahun 1982 oleh Pemerintah Arab Saudi. Pasar ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 22.00 waktu setempat. Di sini, hampir semua jenis kurma bisa diperoleh, paling tidak ada 26 jenis kurma. Tapi tak hanya kurma. Makanan olahan dari kurma pun bisa diperoleh. Misalnya coklat isi kurma, kurma isi kacang, kismis, serta biskuit isi selai kurma. Jejeran kios penjual kurma saling menawarkan kurma dengan harga bervariasi. Ada juga yang menjual borongan. Pilihan pun amat beragam, tinggal tergantung kejelian serta kemahiran menawar harga.

 

Kurma Madinah sendiri ada beragam jenis, mulai dari Ajwa, Ambhar dan Safawi (ini merupakan jenis kurma pavorit), dan satu lagi kurma Sukkari. Sedangkan untuk yang jenis biasa juga banyak yang per kilonya 5 riyals. Konon, kurma sukkari kalau dimakan 7 biji setengah jam sebelum berhubungan suami isteri tanpa minum air dulu akan dapat menambah stamina pria. Kurma Sukkari biasanya suka dihidangkan untuk buka puasa. Di Madinah,orang Arab sering memberikan sedekah buka puasa bersama /iftar jama`i di masjid Nabawi. Kurma ini dimakan dengan teh pahit hangat khas Arab. Coba sekali-kali Anda ikut mencoba buka puasa bersama setiap hari senin dan kamis. Kurma Ajwa atau biasa populer disebut Kurma Nabi, kurma ini paling diminati.

 

Baca juga:

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com, salam









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp