Amalkan Sholawat Hajjiyah dan Doa Khusus Ini agar Dimudahkan Menuju Baitullah

By. Miftahul Jannah - 14 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ibadah haji merupakan rutinitas tahunan yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Setiap tahun, jutaan orang rela meninggalkan keluarga dan membelanjakan harta demi menunaikan panggilan suci ini. Namun tidak semua yang mendambakan haji berkesempatan untuk melaksanakannya dengan segera. Alhasil, banyak yang harus mengantri hingga bertahun-tahun untuk bisa sampai ke Baitullah.

 

Baca Juga : 4 Hadits Keutamaan Umrah Agar Mendapat Pahala, Terhindar Dari Kemiskinan Serta Sebanding Dengan Haji

 

Bagi yang sedang menunggu giliran untuk berhaji, ada amalan khusus yang dianjurkan oleh ulama agar kita dimudahkan dalam menunaikan rukun Islam kelima ini. Amalan tersebut adalah membaca Sholawat Hajjiyah dan mengiringinya dengan doa khusus untuk dimudahkan berhaji.

 

Sholawat Hajjiyah yang dimaksud adalah:

 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِي لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

 

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah sholawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya sholawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya".

 

Baca Juga : Makna dan Ciri-ciri Haji yang Mabrur

 

Setelah membaca sholawat tersebut, dianjurkan untuk melengkapinya dengan membaca doa memohon dimudahkan berhaji, yang bunyinya:

 

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنَا زِيَارَةَ بَيْتِكَ الْمُعَظَّمِ وَرَسُوْلِكَ الْمُكَرَّمِ فِي هَذَا الْعَامِ وَفِي كُلِّ عَامٍ بِأَحْسَنِ الْحَالِ

 

Artinya: "Ya Allah, berilah karunia-Mu untuk mengunjungi rumah-Mu yang agung dan Rasul-Mu yang mulia, di tahun ini dan setiap tahun, dengan keadaan sebaik-baiknya."

 

Sholawat Hajjiyah dan doa tersebut sungguh mengandung makna yang mendalam. Di dalamnya, kita bermohon kepada Allah agar dimudahkan untuk menunaikan ibadah haji yang penuh berkah, yakni berkunjung ke Baitullah di Makkah yang mulia serta berziarah ke makam Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di Madinah. Semua itu dilakukan dalam keadaan selamat, sehat, lancar, dan tercapai cita-citanya menunaikan ibadah haji dengan sempurna.

 

Sebagai Muslim, sudah sepatutnya kita senantiasa berdoa dan berusaha agar bisa menggapai cita-cita suci ini. Apalagi haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib ditunaikan. Tidak diragukan lagi bahwa pahala yang dijanjikan untuk menunaikan haji begitu besar dan mulia, yakni surga.

 

Baca Juga : 4 Hadits Keutamaan Ibadah Haji Agar Ibadah Semakin Khusyu

 

Oleh karena itu, amalkan selalu Sholawat Hajjiyah dan doa khusus agar dimudahkan berhaji. Tanamkan keyakinan bahwa Sang Pemilik Ka'bah pasti akan mengabulkan permohonan hamba-Nya yang tulus ikhlas. Bukankah Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa? Semoga kita semua dikaruniai taufik dan kemudahan untuk bisa sampai ke Baitullah, aamiin.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp