11 Tempat Ziarah di Madinah saat Haji

By. Ibnu Fikri Ghozali - 14 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Madinah, selain Makkah, adalah salah satu kota suci yang bisa dikunjungi oleh umat Islam saat menunaikan ibadah haji. Kota ini menyimpan banyak tempat bersejarah yang bisa dijadikan tujuan ziarah. Berdasarkan Buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah 2024 terbitan Kementerian Agama RI, ziarah di Madinah memiliki hukum dasar yang jaiz atau boleh. Tergantung niatnya, ziarah bisa menjadi sunah, makruh, atau bahkan haram.

 

Baca juga: Amalkan Sholawat Hajjiyah dan Doa Khusus Ini agar Dimudahkan Menuju Baitullah

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, Surah Al-An'am ayat 11:

 

قُلْ سِيْرُوْا فِى الْاَرْضِ ثُمَّ انْظُرُوْا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِيْنَ

 

Artinya: "Katakanlah (Nabi Muhammad), 'Jelajahilah bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu."

 

Tempat-Tempat Ziarah di Madinah

Berikut adalah 11 tempat ziarah di Madinah yang dapat dikunjungi saat haji:

 

1. Kota Madinah

Madinah adalah kota yang terletak di tengah padang pasir yang subur dan merupakan Tanah Suci setelah Makkah. Rasulullah SAW menjadikannya sebagai Tanah Suci dan berdoa untuk keberkatan Madinah.

 

2. Masjid Nabawi

Masjid yang didirikan oleh Rasulullah SAW pada tahun pertama Hijriah ini memiliki nilai salat yang sangat tinggi. Di sebelah timur masjid terdapat makam Rasulullah SAW, Abu Bakar ash-Shiddiq RA, dan Umar bin Khattab RA.

 

3. Masjid Quba

Terletak sekitar 5 km dari Madinah, Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Rasulullah biasa mengunjungi masjid ini setiap Sabtu.

 

4. Jabal Uhud

Jabal Uhud adalah bukit terbesar di Madinah, tempat terjadinya Perang Uhud antara kaum muslimin dan kaum musyrikin Makkah pada tahun ketiga Hijriah.

 

5. Masjid Qiblatain

Masjid ini terkenal karena peristiwa perubahan kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka'bah di Masjidil Haram.

 

Baca juga: 4 Hadits Keutamaan Umrah Agar Mendapat Pahala, Terhindar Dari Kemiskinan Serta Sebanding Dengan Haji

 

6. Khandaq

Khandaq adalah lokasi penggalian parit pertahanan saat pengepungan Kota Madinah oleh kafir Quraisy dan sekutunya pada tahun kelima Hijriah. Kini, di atas bekas pos jaga tersebut, dibangun Masjid Khamsah.

 

7. Masjid al-Ijabah

Terletak di sebelah utara barat laut Masjid Nabawi, di masjid ini Rasulullah SAW pernah salat dua rakaat dan berdoa sangat panjang.

 

8. Masjid Jum'ah

Masjid ini adalah tempat pertama kali Rasulullah SAW mengerjakan salat Jumat berjamaah setelah hijrah ke Madinah.

 

9. Masjid Abi Dzarr al-Ghifari

Masjid ini terletak sekitar 650 meter dari Masjid Nabawi, tempat Rasulullah SAW pernah salat dua rakaat dan bersujud panjang.

 

10. Masjid Ghamamah

Masjid ini terletak di barat daya Masjid Nabawi, dulunya merupakan tanah lapang tempat Rasulullah SAW melaksanakan salat Id dan salat Istisqa.

 

11. Masjid Miqat

Terletak di Lembah Aqiq, sekitar 10 km dari Masjid Nabawi. Masjid ini adalah tempat Rasulullah SAW dan para sahabat mengambil miqat untuk berihram haji.

 

Baca juga: Inilah Hadits Tentang Perintah Umrah Agar Kita Menjadi Hamba Yang Taat Kepada Allah

 

Ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah memberikan nilai spiritual dan sejarah yang tinggi bagi para jemaah haji. Dengan niat yang benar, ziarah ini bisa menjadi bagian dari ibadah yang memperkaya pengalaman haji dan umrah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp