Ini Dia Keistimewaan Kota Makkah

By. Dewi Savitri - 12 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Kota Makkah dan Madinah merupakan kota suci umat islam di dunia yang selalu dilindungi oleh Allah SWT. Dua kota ini sangat penting bagi perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW.

 

Baca Juga: Mengenal Kota Suci Umat Islam, Makkah

 

Rasulullah SAW bersabda, dari Ibnu Abbas: “Sesungguhnya tanah ini telah diharamkan oleh Allah SWT, maka tidak boleh ditebang tumbuhannya, tidak boleh diburu hewan buruannya, dan tidak boleh dipungut satupun barang yang hilang kecuali orang yang mencari adalah pemiliknya.” (HR Bukhari no. 1567 dan Muslim no. 2412). Kemudian, terdapat pula hadist dari Aisyah r.a dari Nabi Muhammad SAW, Beliau bersabda: “Ada lima jenis Binatang fasik yang boleh dibunuh baik di tanah haram ataupun di luar tanah haram: ular, gagak yang dipunggung atau perutnya terdapat warna putih, tikus, anjing gila, dan elang.” (HR Muslim no. 1198).

 

Makkah adalah kota haram (memiliki kehormatan) atas pengharaman dari Allah SWT. Oleh karena itu, Makkah memiliki hukum tersendiri yang membedakan Makkah dengan kota-kota lain termasuk kota Madinah. Beberapa keistimewaan kota Makkah yaitu:

 

1. Air Zam-zam

 

Air zam-zam merupakan air yang sumber airnya tidak pernah habis hingga saat ini meskipun air zam-zam dikonsumsi setiap hari oleh ratusan ribu jamaah. Air zam-zam menjadi sumber air bersih primer di Kota Makkah. Selain dikonsumsi sebagai air minu, air zam-zam juga digunakan sebagai air wudhu bagi jamaah yang akan melaksanakan sholat di Masjidil Haram.

 

2. Ka’bah

 

Baca Juga: Mengenal Ka'bah, Ini Dia 12 Bagian Ka'bah yang Harus Kamu Tau!!

 

Ka’bah merupakan arah kiblat bagi semua umat muslim di dunia untuk melaksanakan sholat. Ka’bah terletak di Makkah. Ka’bah merupakan bangunan yang sangat suci bagi umat islam. Dalam ibadah haji dan umrah, Ka’bah juga menjadi salah satu tempat untuk melaksankan rukunnya yaitu thawaf. Dimana thawaf merupakan kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan arah berlawanan dari arah jarum jam.

 

3. Penuh Rasa Aman

 

Kota Suci Makkah merupakan kota yang telah diberkahi oleh Allah SWT dan menjadi tempat yang penuh dengan rasa aman serta ketentraman di muka bumi ini. Rasa aman dan tentram tidak hanya dirasakan manusia, namun juga bagi semua makhluk hidup yang ada didalamnya.

 

4. Terjaga dari Fitnah Dajjal

 

Kota Makkah merupakan salah satu kota yang dijaga oleh para malaikat Allah dari fitnah Dajjal. Terdapat dua kota yang dilindungi oleh Allah SWT dari kedatangan Dajjal yaitu Kota Makkah dan Madinah. Sehingga Dajjal tidak dapat masuk ke dua kota tersebut karena Allat sudah menjada kedua kota ini melalui malaikat-malaikatnya.

 

Baca Juga: 7 Fakta Unik Air Zamzam yang Harus Kamu Tau!!!

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp