Yaumul Mizan: Hari Penimbangan Amal dalam Islam

By. Ibnu Fikri Ghozali - 15 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Dalam Islam, kehidupan dunia hanyalah sementara, dan setiap manusia akan mengalami kematian dan memasuki alam akhirat. Salah satu fase penting dalam alam akhirat adalah Yaumul Mizan, yaitu hari di mana amal perbuatan manusia ditimbang. Yaumul Mizan menjadi penentu nasib akhir setiap individu, apakah mereka akan masuk surga atau neraka.

 

Baca juga: Dengan Bekerja Engkau Akan Lebih Mulia!

 

Dalil Al-Qur'an tentang Yaumul Mizan

Yaumul Mizan disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur'an, antara lain:

 

  • Surah Al-Anbiya ayat 47:

 

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حٰسِبِيْنَ

 

Artinya: "Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tiada seorang pun dirugikan walau sedikit. Sekalipun hanya seberat biji sawi pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan."

 

  • Surah Al-Mu'minun ayat 102-103:

 

فَمَنۡ ثَقُلَتۡ مَوَازِيۡنُهٗ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ‏ وَمَنۡ خَفَّتۡ مَوَازِيۡنُهٗ فَاُولٰٓٮِٕكَ الَّذِيۡنَ خَسِرُوۡۤا اَنۡفُسَهُمۡ فِىۡ جَهَـنَّمَ خٰلِدُوۡنَ ۚ‏

 

Artinya: "Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam."

 

Baca juga: Tata Cara Pelaksanaan Tawaf dalam Ibadah Haji

 

Yaumul Mizan adalah hari penimbangan amal manusia setelah perhitungan amal (Yaumul Hisab). Pada hari ini, semua amal baik dan buruk manusia akan ditimbang. Bagi yang amal baiknya lebih berat, mereka akan dimasukkan ke surga. Sebaliknya, bagi yang amal buruknya lebih berat, mereka akan dimasukkan ke neraka.

 

Fase Setelah Hari Kiamat

Menurut buku "Aqidah Akhlak Pada Madrasah" karya Indra Satia Pohan, ada lima tahapan yang akan dilalui setiap manusia setelah hari kiamat:

  1. Hari Bangkit dari Kubur (Yaumul Ba'as): Manusia dibangkitkan dari kuburnya.
  2. Berkumpul di Padang Mahsyar (Yaumul Mahsyar): Semua manusia dikumpulkan di padang Mahsyar.
  3. Hari Perhitungan (Yaumul Hisab): Amal perbuatan manusia dihitung.
  4. Hari Penimbangan Amal (Yaumul Mizan): Amal manusia ditimbang.
  5. Hari Penentuan Tempat (Surga dan Neraka): Manusia ditentukan nasib akhirnya, apakah masuk surga atau neraka.

 

Dalam buku "Bebas Tes Surga Atau Neraka?" karya Muh. Akbar Nasrulah, terdapat sebuah kisah yang menggambarkan pentingnya rahmat Allah dalam memasukkan hamba-Nya ke surga.

 

Diriwayatkan dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda tentang seorang hamba yang beribadah selama lima ratus tahun di sebuah bukit di tengah lautan. Hamba tersebut diberi nikmat berupa mata air tawar dan pohon delima oleh Allah. Ketika wafat, ia memohon agar meninggal dalam keadaan bersujud, dan Allah mengabulkan doanya. Pada hari kiamat, Allah memerintahkan malaikat untuk memasukkan hamba tersebut ke surga karena rahmat-Nya. Namun, hamba tersebut mengklaim bahwa ia layak masuk surga karena amal ibadahnya. Allah kemudian menunjukkan bahwa nikmat penglihatan saja sudah setara dengan ibadah lima ratus tahun yang dilakukan hamba tersebut. Akhirnya, hamba itu menyadari bahwa semua yang ia lakukan adalah karena rahmat Allah, dan Allah memerintahkan agar ia dimasukkan ke surga karena rahmat-Nya.

 

Baca juga: Persiapan Penting Bagi Jemaah Haji dengan Perbekalan Obat-Obatan Pribadi

 

Yaumul Mizan adalah hari penimbangan amal manusia yang sangat penting dalam Islam. Pada hari itu, semua amal baik dan buruk akan ditimbang untuk menentukan nasib akhir setiap individu. Kisah tentang Yaumul Mizan mengingatkan kita bahwa semua kebaikan dan kehidupan kita adalah karena rahmat Allah SWT. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk selalu berusaha meningkatkan amal baik dan selalu memohon rahmat dan ampunan dari Allah SWT.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp