Dosa-Dosa Besar yang Sering Dianggap Sepele

By. Ibnu Fikri Ghozali - 21 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sebagai manusia, kita tak pernah luput dari dosa. Tanpa kita sadari, ada dosa-dosa besar yang sering dianggap sepele. Allah SWT telah memperingatkan kita untuk menjauhi dosa-dosa besar dalam surah An-Najm ayat 32 yang berbunyi.

 

Baca juga: Catat, Inilah 4 Syarat Refund Biaya Haji Reguler

 

اَلَّذِيْنَ يَجْتَنِبُوْنَ كَبٰۤىِٕرَ الْاِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ اِلَّا اللَّمَمَۙ اِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِۗ هُوَ اَعْلَمُ بِكُمْ اِذْ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاِذْ اَنْتُمْ اَجِنَّةٌ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْۗ فَلَا تُزَكُّوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقٰى ࣖ ٣٢

 

Artinya: "(Mereka adalah) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Luas ampunan-Nya. Dia lebih mengetahui tentang kamu sejak Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih berupa janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia lebih mengetahui siapa yang bertakwa."

 

Tak jarang juga seseorang melakukan dosa besar secara terang-terangan dan menceritakannya kepada orang lain sembari membangga-banggakannya, hal ini disebut sebagai mujaharah. Padahal jika tidak menceritakannya, maka orang lain tidak akan tahu dan tidak akan mengikuti perbuatannya. Mengutip dari buku Bukan Dosa Ternyata Dosa karya Abduh Al Barraq, membanggakan perbuatan dosa akan memperbesar dosa tersebut. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membuat tradisi yang buruk dalam Islam maka dibebankan kepadanya dosa yang buruk itu dan dosa orang yang mengerjakannya sesudahnya tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun." (HR Muslim).

 

Berikut adalah beberapa dosa besar yang sering dianggap sepele dan harus dihindari oleh umat Muslim:

1. Meninggalkan Salat Wajib Lima Waktu

Dikutip dari buku Panduan Sholat Rasulullah oleh Imam Abu Wafa, seorang Muslim yang sudah baligh wajib melaksanakan salat dalam keadaan apa pun. Meski banyak yang tahu bahwa meninggalkan salat fardhu merupakan dosa besar, masih banyak yang menganggapnya sebagai dosa yang sepele. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Urusan yang memisahkan antara kita (para Muslimin) dengan mereka (orang kafir) itu adalah salat. Maka barangsiapa meninggalkannya, sungguh ia telah menjadi kafir." (HR. Ahmad dan Daud).

 

2. Berbohong

Mengutip buku 52 Kultum Favorit Untuk Muslimah karya Zakiah Nur Jannah dan Noor Hafild, berbohong atau dusta merupakan sifat buruk yang sangat dibenci Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam QS An-Nahl ayat 105:

 

اِنَّمَا يَفْتَرِى الْكَذِبَ الَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِۚ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰذِبُوْنَ ١٠٥

 

Artinya: "Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah. Mereka itulah para pembohong."

 

Namun, banyak orang yang berbohong tanpa merasa bersalah. Meski demikian, ada tiga jenis kebohongan yang diperbolehkan dalam Islam: dalam peperangan, mendamaikan dua orang yang bertikai, dan suami yang berbohong kepada istrinya untuk mendapatkan ridho. Selain dari tiga hal tersebut, berbohong merupakan dosa besar. Rasulullah SAW bersabda: "Tidak halal berbohong kecuali dalam tiga keadaan, yaitu: seorang suami berbicara kepada istrinya untuk menyenangkannya, berbohong dalam peperangan, dan berbohong untuk mendamaikan antara manusia." (HR.Tirmidzi).

 

Baca juga: Proses Miqat di Bir Ali bagi Jemaah Haji dari Madinah

 

3. Tidak Bersedekah

Dosa besar berikutnya ialah enggan memberi sedekah. Islam mengajarkan bahwa sedekah merupakan amal kebajikan yang memiliki balasan besar. Bagi mereka yang enggan bersedekah, akan mendapatkan siksa yang menyedihkan di neraka. Allah SWT berfirman dalam QS. At-Taubah ayat 35:

 

يَّوْمَ يُحْمٰى عَلَيْهَا فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوٰى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوْبُهُمْ وَظُهُوْرُهُمْۗ هٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ فَذُوْقُوْا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُوْنَ

 

Artinya: "(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, 'Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.'"

 

4. Ghibah

Mengutip buku Dosa Besar Kecil Yang Terabaikan Penyebab Siksa Azab Kubur Yang Pedih karya Nur Aisyah Albantany, Al-Qurthubi mengatakan bahwa para ulama telah sepakat bahwa ghibah termasuk dosa besar. Imam Nawawi menjelaskan, ghibah adalah membicarakan seseorang tentang agamanya, dunianya, jiwanya, akhlaknya, hartanya, anak-anaknya, istrinya, pembantunya, gerakannya, mimik bicaranya, atau kemuraman wajahnya dan yang lainnya yang bersifat mengejek baik dengan ucapan maupun isyarat.

 

Ghibah sering dianggap sepele karena banyak orang yang melakukannya tanpa menyadari dosa besar di balik perbuatan tersebut. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya darah kalian, harta kalian, dan kehormatan kalian adalah haram atas (sesama) kalian." (HR Muslim).

 

5. Menyakiti Hati Orang Lain

Rizem Aizid menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Dosa-dosa Jariah, bahwa meski menyakiti hati orang lain sering dianggap sepele, namun perbuatan ini memiliki dosa besar. Islam mengajarkan kita untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain. Mengucapkan kata-kata buruk digolongkan ke dalam zina, tepatnya zina lidah atau lisan. Rasulullah SAW bersabda: "Setiap anak Adam telah mendapatkan bagian zina yang tidak akan bisa dielakkannya. Zina pada mata adalah melihat, zina pada telinga adalah mendengar, zina pada lidah adalah berucap kata, zina tangan adalah meraba, dan zina kaki adalah melangkah. (Dalam hal ini), hati yang mempunyai keinginan dan angan-angan, maka kemaluanlah yang akan membuktikan semua itu atau mengurungkannya." (HR.Bukhari dan Muslim).

 

Baca juga: Refund Dana Ibadah Haji Bagi Jemaah Batal Haji

 

Dengan memahami dan menghindari dosa-dosa besar ini, kita dapat menjaga diri dari perbuatan yang mendatangkan murka Allah SWT dan meraih rahmat-Nya. Mari kita senantiasa berusaha untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta menjauhi segala bentuk dosa yang dapat merusak hubungan kita dengan Allah SWT dan sesama manusia.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp