Refund Biaya Haji Butuh Waktu 8 Hari Agar Proses Menjadi Efisien

By. Miftahul Jannah - 22 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Bagi sebagian umat Muslim, menunaikan ibadah haji merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan setidaknya sekali seumur hidup. Namun, terkadang terdapat keadaan tertentu yang mengharuskan seseorang untuk membatalkan keberangkatan haji yang telah direncanakan. Jika Anda mengalami situasi seperti ini, jangan khawatir, karena pemerintah Indonesia telah menyediakan proses pencairan uang batal haji yang sangat cepat, hanya dalam waktu sekitar delapan hari kerja.

 

Baca Juga : Inilah Beda Tempat Refund Biaya Haji Regular Dan Khusus Yang Perlu Diketahui Jemaah Haji

 

Mengacu pada Ketentuan Pembatalan Pendaftaran Jemaah Haji Reguler, proses pencairan uang batal haji dibagi menjadi dua tahap utama. Tahap pertama adalah di tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, yang membutuhkan waktu selama tiga hari kerja. Dalam tahap ini, jemaah yang ingin membatalkan keberangkatan haji harus mengajukan permohonan pembatalan kepada Kantor Kementerian Agama setempat.

 

Setelah proses di tingkat Kantor Kementerian Agama selesai, berkas permohonan pembatalan akan diteruskan ke tahap kedua, yaitu di Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri. Tahap ini membutuhkan waktu selama lima hari kerja untuk memproses permohonan pencairan uang batal haji. Dengan demikian, total waktu yang dibutuhkan untuk seluruh proses pencairan uang batal haji adalah delapan hari kerja.

 

Baca Juga : Refund Dana Ibadah Haji Bagi Jemaah Batal Haji

 

Namun, perlu diingat bahwa pengajuan pembatalan haji tidak dapat dilakukan pada hari libur (weekend). Oleh karena itu, perhitungan delapan hari kerja tersebut hanya berlaku jika pengajuan dilakukan pada hari kerja biasa.

 

Selain itu, jika pembatalan haji diajukan karena jemaah meninggal dunia, maka ahli warisnya harus bertanggung jawab untuk mengurusnya. Mereka harus menyertakan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti surat keterangan kematian dan surat keterangan waris, untuk memastikan proses pencairan uang batal haji berjalan dengan lancar.

 

Proses pencairan uang batal haji ini dapat dilakukan pada tenggat waktu tertentu, yaitu saat jemaah mendaftar sampai sebelum masuk asrama haji Embarkasi. Setelah jemaah masuk asrama haji Embarkasi, pembatalan tidak dapat dilakukan, dan jemaah harus tetap melanjutkan proses pemberangkatan.

 

Baca Juga : Catat, Inilah 4 Syarat Refund Biaya Haji Reguler

 

Dengan adanya proses pencairan uang batal haji yang cepat ini, jemaah yang terpaksa membatalkan keberangkatan haji tidak perlu khawatir menunggu terlalu lama untuk mendapatkan kembali dana yang telah mereka setorkan. Pemerintah Indonesia telah memastikan bahwa proses ini berjalan dengan efisien dan transparan, sehingga umat Muslim dapat menunaikan ibadah haji dengan tenang dan khusyuk.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp