Puasa Ayyamul Bidh: Sunnah yang Dilakukan Rasulullah SAW

By. Ibnu Fikri Ghozali - 22 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Puasa Ayyamul Bidh, atau puasa hari-hari putih, adalah salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Puasa ini dilakukan setiap pertengahan bulan Qomariyah (tahun Hijriah), yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan. Pada hari-hari tersebut, bulan sedang memancarkan cahaya putih yang terang benderang, sehingga disebut sebagai hari-hari putih.

 

Baca juga: Transaksi di Bank Syariah Agar Lebih Berkah

 

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

1. Pahala Seperti Puasa Setahun Penuh

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan An-Nasai, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan seperti puasa setahun penuh. Dari Ibnu Milhan Al-Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata: "Rasulullah SAW biasa memerintahkan kepada kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidh yaitu 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriah). Dan beliau bersabda, 'Puasa Ayyamul Bidh itu seperti puasa setahun'."

 

2. Mengistirahatkan Organ-organ Tubuh

Menurut buku Koleksi Doa & Dzikir Sepanjang Masa oleh Ali Amrin al-Qurawy, puasa dapat mengistirahatkan organ-organ tubuh sehingga tidak cepat rusak. Puasa memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dari aktivitas mencerna makanan yang terus-menerus.

 

3. Mengikuti Kebiasaan Rasulullah SAW Rasulullah SAW selalu menjaga puasa ini, baik ketika berada di rumah maupun dalam perjalanan. Dengan mengikuti kebiasaan ini, umat Islam dapat menunjukkan cinta dan penghormatan mereka kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Baca juga: Refund Biaya Haji Butuh Waktu 8 Hari Agar Proses Menjadi Efisien

 

4. Memenuhi Wasiat Rasulullah SAW

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu wasiat yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Abu Hurairah dan Abu Darda berkata: "Junjunganku Rasulullah SAW berpesan kepadaku akan tiga hal yang jangan sampai ditinggalkan selama hidup, yaitu berpuasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat, dan shalat witir satu rakaat sebelum tidur."

 

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, berikut adalah bacaan niat yang dapat dibaca sebelum berpuasa:

 

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

 

Latin: Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: Saya niat puasa hari-hari putih, sunah karena Allah ta'ala.

 

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Mei 2024

Berdasarkan kalender Hijriah Indonesia 2024 yang disusun oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, berikut adalah jadwal puasa Ayyamul Bidh untuk bulan Mei 2024:

  • 13 Zulkaidah 1445 H - Rabu, 22 Mei 2024
  • 14 Zulkaidah 1445 H - Kamis, 23 Mei 2024
  • 15 Zulkaidah 1445 H - Jumat, 24 Mei 2024

 

Baca juga: Saat Pagi Baca Do'a Ini, Supaya Harimu Tenang

 

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Selain mendapatkan pahala yang besar, puasa ini juga menjadi sarana untuk meneladani kebiasaan Rasulullah SAW dan memenuhi wasiat beliau. Dengan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, seorang muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih berbagai keutamaan yang dijanjikan. Wallahu a'lam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp