Penyebab Rezeki Dilancarkan oleh Allah SWT

By. Ibnu Fikri Ghozali - 22 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Setiap muslim tentunya memiliki harapan agar rezekinya senantiasa dilancarkan oleh Allah SWT. Selain berdoa, ada beberapa amalan yang dapat membuka pintu rezeki seluas-luasnya. Berikut adalah beberapa penyebab rezeki dilancarkan oleh Allah SWT.

 

Baca juga: Transaksi di Bank Syariah Agar Lebih Berkah

 

1. Sholat Tahajud

Salat tahajud adalah salat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Meskipun tidak mudah untuk bangun di tengah malam, namun amalan ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya, di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat pasti Allah memberinya, hal itu berlangsung setiap malam." (HR Muslim). Salat tahajud bisa membuka gerbang langit dan mempercepat datangnya rezeki.

 

2. Memperbanyak Istigfar

Memohon ampun kepada Allah dengan memperbanyak istigfar merupakan salah satu cara untuk melancarkan rezeki. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memperbanyak mohon ampunan kepada Allah, maka Allah akan membebaskannya dari kesulitan, memberinya jalan keluar dari kesempitan, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duganya." (HR Abu Dawud). Istigfar juga disebutkan dalam Al-Qur'an surah Nuh ayat 10-12, di mana Allah akan menurunkan hujan, memperbanyak harta dan anak-anak, serta mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai bagi yang banyak beristigfar.

 

3. Rajin Bersedekah

Bersedekah adalah salah satu cara untuk melapangkan rezeki. Allah SWT berfirman dalam surah Saba ayat 39, "Katakanlah (Nabi Muhammad), 'Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya.' Suatu apa pun yang kamu infakkan pasti Dia akan menggantinya. Dialah sebaik-baik pemberi rezeki." Dengan bersedekah, kita menunjukkan ketaatan kepada Allah dan membantu sesama, yang akan membuka pintu rezeki lebih luas lagi.

 

Baca juga: Mengenal Pelimpahan Nomor Porsi Haji dan 4 Ketentuan Penting yang Harus Dipatuhi Jemaah

 

4. Banyak Berzikir

Berzikir mengingat Allah SWT tidak hanya menenangkan hati dan pikiran, tetapi juga melancarkan rezeki. Dalam surah Al Jumuah ayat 10, Allah SWT berfirman, "Apabila salat (Jumat) telah dilaksanakan, bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung." Menunaikan zikir setelah salat wajib dan sunnah dapat mempermudah segala urusan dan memperlancar rezeki.

 

5. Salat Dhuha

Salat dhuha dilakukan pada pagi hari setelah matahari terbit hingga menjelang waktu zuhur. Rasulullah SAW bersabda dalam hadits qudsi, "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada permulaan siang (dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada sore harinya." (HR Hakim dan Thabrani). Salat dhuha menjadi salah satu penyebab rezeki dilancarkan karena mengandung janji Allah untuk mencukupi kebutuhan hamba-Nya yang mengerjakannya.

 

Allah SWT telah mengatur rezeki setiap makhluk dengan adil dan bijaksana, seperti yang diterangkan dalam surah Hud ayat 6. Meskipun demikian, manusia tetap harus berusaha dan berdoa untuk mendapatkan rezeki tersebut. Dengan mengamalkan salat tahajud, memperbanyak istigfar, rajin bersedekah, banyak berzikir, dan menunaikan salat dhuha, insya Allah rezeki akan dilancarkan. Wallahu a'lam.

 

Baca juga: Refund Biaya Haji Butuh Waktu 8 Hari Agar Proses Menjadi Efisien









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp