Ini Dia 5 Tips Mencuci Pakaian saat Melaksanakan Ibadah Haji

By. Dewi Savitri - 14 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Laundry adalah kegiatan mencuci dan menjaga kebersihan pakaian dan ini sangat penting bagi jamaah haji karena mereka akan menghabiskan waktu yang cukup lama di tanah suci dan membutuhkan pakaian yang bersih dan nyaman untuk menjalankan ibadah. Laundry adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat menjalankan ibadah haji, karena menjaga kebersihan pakaian juga merupakan bagian dari kesucian dalam menjalankan ibadah.

 

Baca Juga: Ini Dia Perlengkapan Ibadah Umrah yang Harus Kamu Bawa Sebelum Berangkat Umrah

 

Dikutip dari jateng.kemenag.go.id, telah disiapkan ruangan untuk mencuci dan menjemur pakaian. Ruangan ini telah dilengkapi dengan fasilitas mesin cuci yang berjumlah sekitar 25 buah. Ruang menjemur pakaian yang disediakan tentu saja adalah sebuah ruangan indoor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

 

Meskipun sudah disediakan ruangan khusus, banyak jamaah Indonesia yang menjemur pakaian tidak pada tempatnya, misalnya didalam kamar tidur. Hingga keluar himbauan yang ditujukan kepada jamaah haji indonesia untuk tidak menjemur pakaian didalam kamar tidur. Hal ini dikarenakan ruangan yang disediakan tidak cukup jika digunakan oleh seluruh jamaah Indonesia yang tinggal disana.

 

Ada banyak jamaah haji Indonesia yang berasal dari daerah Jawa yang bertempat di hotel Kiswah Tower. Dari 5 Tower yang tersedia masing-masing berisi sekitar 5000 dan total jamaah ada sekitar 25.000 jamaah dalam satu kompleks yang saling berdekatan dan terhubung satu sama lain. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan jumlah jamaah dengan fasilitas yang disediakan.

 

Lalu bagaimana cara untuk mencuci pakaian saat berada dikondisi seperti ini? Berikut adalah tips mencuci pakaian untuk mempermudah jamaah saat melaksanakan ibadah haji:

 

1. Menggunakan fasilitas laundry hotel

 

Sebagian besar hotel yang menjadi akomodasi jamaah haji dan umrah biasanya telah dilengkapi dengan fasilitas laundry. Namun biaya untuk laundry di hotel cukup mahal terutama jika jamaah melaundry dalam jumlah yang banyak.

 

2. Menggunakan jasa laundry sekitar hotel

 

Baca Juga: Pullman Zamzam Hotel *5 Makkah, Hotel dengan View Ka'bah

 

Selain laundry di hotel, jamaah haji juga dapat mencari jasa laundry yang berada disekitar hotel. Namun, sebelum menggunakan jasa laundry disekitar hotel, pastikan terlebih dulu tempat laundry tersebut dapat dipercaya dan memiliki harga yang wajar.

 

3. Mencuci sendiri

 

Jika jamaah ingin mencuci sendiri, pastikan kalau tempat mencuci atau menjemur tidak terlalu padat dan mencucilah dalam jumlah sedikit namun rutin, hal ini untuk menghindari kekurangan pakaian ganti apabila pakaian yang dicuci kering dalam waktu yang tidak sebentar. Selain itu, pastikan jamaah telah mengetahui cara mencuci yang baik dan benar dan menggunakan detergen yang aman bagi kulit.

 

4. Menjaga kebersihan pakaian

 

Jamaah haji harus selalu menjaga kebersihan pakaian. Hindari memakai pakaian yang kotor dan berkeringat dalam waktu yang lama. Biasakan untuk selalu membersihkan pakaian setelah digunakan dan keringkan pakaian dengan baik sebelum menggunakannya kembali.

 

5. Memiliki cadangan pakaian yang cukup

 

Disarankan bagi jamaah haji membawa pakaian yang cukup selama beribadah haji agar saat beribadah selalu menggunakan pakaian yang bersih dan suci. Hal ini akan memudahkan jamaah jika terjadi keterlambatan mencuci pakaian atau jika ada masalah dengan jasa laundry.

 

Baca Juga: Keutamaan Beribadah di Kota Makkah dan Madinah, Dilipatgandakan 100.000 kali

 

Itulah beberapa informasi mengenai laundry bagi jamaah haji. Selain menjaga kebersihan pakaian, jamaah juga harus tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi jamaah haji yang akan menjalankan ibadahnya.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp