Pentingnya Menjaga dan Memakmurkan Masjid dalam Islam

By. Ibnu Fikri Ghozali - 12 Jun 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Masjid memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam. Selain sebagai tempat untuk menunaikan salat, masjid juga berfungsi sebagai pusat dakwah, pendidikan, dan tempat untuk musyawarah. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan memakmurkan masjid adalah bagian dari adab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

 

Baca juga: Bolehkan Puasa Arafah Saja Tanpa Puasa Tarwiyah?

 

Dalam hadits dari Abu Darda', Rasulullah SAW bersabda:

"Masjid adalah rumah setiap orang bertakwa dan Allah memberi jaminan kepada orang yang menganggap masjid sebagai rumahnya bahwa Ia memberinya ketenangan, rahmat, dan kemampuan untuk melintasi shirath menuju ridha Allah, yakni surga." (HR. Thabrani dan Bazzar)

 

Hadits ini menegaskan bahwa Allah memberikan pahala yang besar bagi orang-orang yang menjadikan masjid sebagai tempat tinggalnya dalam arti mereka rutin beribadah dan memakmurkan masjid.

 

Adab dalam Menjaga Masjid

Rasulullah SAW dan para sahabat sangat memperhatikan adab-adab dalam menjaga masjid. Mereka berlomba-lomba dalam memelihara kebersihan dan keindahan masjid. Berikut beberapa kisah dan ajaran Rasulullah SAW terkait menjaga masjid:

 

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Manaqib serta Contohnya

 

1. Menjaga Kebersihan Masjid

Suatu hari, para sahabat melihat Rasulullah SAW membersihkan dahak di masjid dengan ujung ranting. Beliau kemudian meminta minyak wangi kepada jemaah, dan seorang pemuda memberikan parfum jenis "khaluq". Rasulullah SAW memercikkannya ke bekas dahak tersebut. Beliau kemudian mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dan keharuman masjid dengan berkata:

 

"Harumkanlah masjid kalian dengan asap dupa."

Rasulullah SAW juga menegaskan bahwa pahala sekecil apapun, termasuk membuang kotoran dari masjid, dicatat oleh Allah SWT.

 

2. Melarang Meludah di Masjid

Dalam sebuah ajaran, Rasulullah SAW melarang umatnya meludah ke depan atau ke kanan saat salat, karena Allah SWT ada di hadapan mereka. Jika mendesak, beliau mengajarkan untuk meludah ke kain atau pakaian mereka sendiri.

 

3. Menghormati Orang yang Berjasa Memakmurkan Masjid Ada kisah tentang seorang perempuan berkulit hitam yang rajin menyapu dan membersihkan masjid. Ketika perempuan ini meninggal, para sahabat tidak memberitahu Rasulullah SAW. Setelah mengetahui hal tersebut, Rasulullah SAW menegur mereka dan meminta ditunjukkan kuburan perempuan itu. Beliau kemudian mendirikan salat di dekat kuburan dan berdoa untuknya.

 

"Apakah (dengan tidak peduli terhadap perempuan itu) kalian merasa tidak menyakitiku? Tunjukkan kepadaku, mana kuburannya?"

 

Baca juga: 10 Cara Mendidik Anak Menjadi Seorang Hafiz Quran

 

Menjaga dan memakmurkan masjid adalah tanggung jawab setiap Muslim. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai pusat kehidupan sosial dan spiritual umat Islam. Kisah-kisah Rasulullah SAW dan para sahabat memberikan contoh nyata tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesucian masjid. Umat Islam diharapkan untuk terus memelihara masjid, menghormati orang-orang yang berjasa memakmurkan masjid, dan mengambil peran aktif dalam kegiatan yang memakmurkan masjid.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp