5 Langkah Penting Jemaah Haji Mengatasi Hujan Saat Thawaf Agar Tidak Tergelincir

By. Miftahul Jannah - 12 Jun 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Arab Saudi dikenal dengan cuaca panasnya yang ekstrem. Namun, terkadang hujan juga turun di tanah suci ini, terutama pada musim hujan. Bagi jemaah yang sedang melaksanakan thawaf di Masjidil Haram, hujan bisa menyebabkan lantai menjadi licin dan membahayakan keselamatan.

 

Baca Juga : Mekanisme Pengisian Kuota Haji Sisa Agar Semua Calon Jemaah Terakomodasi

 

Menyadari risiko tersebut, otoritas Arab Saudi menghimbau jemaah untuk mengambil langkah-langkah mengatasi hujan turun saat thawaf. Berikut adalah 5 langkah penting yang dianjurkan:

 

1. Melepas kaos kaki

 

Salah satu cara terbaik untuk mencegah tergelincir saat lantai basah adalah dengan melepas kaos kaki. Kulit kaki yang bersentuhan langsung dengan lantai akan memberikan cengkeraman yang lebih baik dibandingkan dengan kaki yang menggunakan kaos kaki.

 

2. Menggunakan alas kaki yang tidan licin

 

Jika jemaah tidak ingin melepas kaus kaki, maka gunakan alas kaki yang memiliki sol anti licin. Ini akan membantu mencegah tergelincir saat berjalan di lantai yang basah.

 

Baca Juga : Inilah 5 Kategori Jemaah Haji Yang Berhak Mendapatkan Kuota Haji Reguler Saat Perpanjangan

 

3. Membawa Payung

 

Membawa payung adalah pilihan bijak saat hujan turun di Masjidil Haram. Payung akan melindungi jemaah dari tetesan air hujan dan membantu menjaga area sekitar Anda tetap kering.

 

4. Jemaah Haji Perempuan Membawa Jas Hujan

 

Otoritas Arab Saudi secara khusus menghimbau jemaah haji perempuan untuk membawa jas hujan. Ini akan melindungi pakaian mereka dari hujan sehingga tidak basah dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti pakaian menjadi nerawang akibat basah ataupun membentuk lekuk tubuh yang menjadi aurat.

 

5. Selalu Memperhatikan Informasi Cuaca

 

Sebelum memulai thawaf, pastikan jemaah dapat memperhatikan informasi cuaca terbaru di Masjidil Haram. Dengan demikian, jemaah dapat mempersiapkan diri dengan baik jika hujan turun saat jemaah sedang thawaf.

 

Baca Juga : Inilah Lama Penetapan Kuota Haji Reguler Supaya Ibadah Haji Menjadi Kondusif

 

Dengan mengikuti himbauan ini, jemaah melaksanakan ibadah thawaf dengan aman dan nyaman meski hujan turun di Masjidil Haram. Utamakan keselamatan jemaah dan tetap khusyuk dalam beribadah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp