Inilah Habib Ali Hasan Al-Bahar, Khatib Khutbah Wukuf Haji 1446 H / 2024 M Yang Memotivasi Ribuan Jemaah Haji

By. Miftahul Jannah - 19 Jun 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Pada musim haji 1446 H/2024 M, seluruh jamaah haji Indonesia akan dihibur dengan khutbah wukuf yang disampaikan oleh sosok muballigh ternama, Habib Ali Hasan Al-Bahar. Beliau adalah seorang akademisi sekaligus dai kondang yang memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan risalah Islam di Tanah Air.

 

Baca Juga : Inilah 15 Pendistribusian Makanan Yang Disediakan Saat Puncak Haji Agar Jemaah Tidak Kelaparan

 

Habib Ali Hasan, yang akrab disapa Habib Bahar, memiliki latar belakang pendidikan yang sangat mumpuni. Beliau menempuh pendidikan sarjana di Universitas Mu'tah, Yordania, sebelum melanjutkan studi magister di Universitas Yarmuk. Tidak mengherankan jika pada tahun 2018, nama beliau masuk dalam daftar 200 muballigh yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

Saat ini, Habib Bahar menjabat sebagai dewan pakar di Pusat Studi Al-Qur'an (PSQ), sebuah lembaga yang fokus pada kajian dan penelitian Al-Qur'an. Selain itu, beliau juga merupakan dosen tetap di Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan jam terbang yang tinggi dalam mengajarkan ilmu agama, Habib Bahar tentu memiliki kredibilitas yang tidak perlu diragukan lagi.

 

Baca Juga : Inilah Ketentuan Keberangkatan Jemaah Haji Murur Dan Non Murur Agar Sesuai Regulasi

 

Sebagai seorang muballigh yang disegani, Habib Bahar kerap mengisi kajian keagamaan di berbagai masjid ternama, seperti Masjid Sunda Kelapa, Masjid Bayt Quran, dan Masjid Jendral Sudirman WTC Jakarta. Beliau juga aktif dalam organisasi Rabithah Alawiyah, sebuah organisasi yang menghimpun para penganut ajaran Ahlul Bait. Habib Bahar menjabat sebagai pengurus harian dalam organisasi tersebut.

 

Selain kiprahnya dalam dunia dakwah dan akademik, Habib Bahar juga dikenal sebagai seorang peneliti di bidang sastra. Salah satu karya penelitiannya berjudul "Citra Jawa dalam Puisi Arab Karya Sastrawan Arab-Indonesia," yang mengeksplorasi pengaruh budaya Jawa dalam karya sastra Arab.

 

Baca Juga : 10 Alur Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia dari Hotel di Makkah Menuju Arafah Supaya Jemaah Tidak Ada Yang Tertinggal

 

Dengan segudang pencapaian dan kiprahnya yang luar biasa, Habib Ali Hasan Al-Bahar layak menjadi teladan bagi generasi muda dalam mengamalkan ilmu dan menebarkan kebaikan. Semoga khutbah wukuf yang beliau sampaikan pada musim haji 1446 H/2024 M dapat menginspirasi seluruh jamaah haji Indonesia untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp