Perlukah Manasik Haji? Ini Dia Fungsi Manasik Haji bagi Jamaah

By. Dewi Savitri - 17 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Sobat Batemuri, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah manasik. Bahkan, terkadang banyak sekolah yang menyelenggarakan manasik haji di setiap jenjang. Mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Apa itu manasik haji?

 

Baca Juga: Pentingkah Muthawif? Mengenal Siapakah Muthawif pada Pelaksanaan Ibadah Umrah

 

Manasik haji adalah sebuah praktik pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah akan dilatih tentai tata cara pelaksanaan haji mulai dari rukun, persyaratan haji, wajib haji, sunnah haji dan hal-hal yang dilarang selama melaksanakan ibadah haji.

 

Manasik haji biasanya akan didapatkan oleh jamaah sebanyak 10 kali. Bimbingan manasik haji dilakukan di Kecamatan (KUA) yaitu sebanyak 8 kali dan di Kabupeten sebanyak 2 kali. Pemberian layanan bimbingan manasik haji merupakan tanggung jawab dari pihak penyelenggara haji dalam hal ini pemerintah.

 

Umumnya, bimbingan manasik haji dilakukan 8-12 minggu sebelum keberangkatan, dan biasanya dipandu oleh ustad, ustadzah, serta muthowif (pemandu). Tujuan diadakannya manasik haji adalah untuk membantu calon jamaah memahami tata cara dan alur ibadah haji sebelum melakukan haji yang sebenarnya.

 

Selain mempelajari tentang ibadah yang dilakukan, jamaah juga akan mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir batal atau rusaknya ibadah haji. Sehingga jamaah memiliki pengetahuan dan gambaran tentang bagaimana melaksanakan ibadah haji agar ibadah haji yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

 

Baca Juga: Jangan Salah Paham!! Ini Dia 5 Budaya Masyarakat Arab yang Harus Kamu Tau

 

Bimbingan manasik haji diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama dari keberangkatan mereka ke tanah suci. Bimbingan manasik haji sangat bermanfaat bagi cara calon jamaah haji. Setelah mendapatkan manasik haji, jamaah diharapkan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji, mengetahui bahasa dan budaya di Arab Saudi serta kondisi alam sekitar. Keberangkatan jamaah haji merupakan agenda kerja nasional, sehingga penyelenggaraannya memerlukan dukungan dari semua pihak.

 

Manasik haji merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menyempurnakan penyelenggaraan ibadah haji. Masyarakat dapat belajar terlebih dahulu sebelum praktik yang sebenarnya di tanah suci. Hal-hal yang tidak dipahami dan belum diketahui jamaah juga dapat ditanyakan pada saat bimbingan manasik. Manasik merupakan proses pembekalan jamaah haji tentang pengetahuannya terkait ibadah haji dan lingkungan di Arab Saudi. Dengan bimbingan manasik haji, jamaah diharapkan memiliki kemandirian akan pengetahuan saat beribadah di tanah suci nanti.

 

Baca Juga: Menggantikan Haji Orang Lain? Badal Haji, Ini Dia Hukumnya

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp