Tata Cara Pelaksanan Ibadah Haji, Pelajari Urutannya

By. Dewi Savitri - 17 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah haji adalah rukun islam kelima yang diwajibkan kepada setiap muslim yang memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Kemampuan ini berarti mampu secara fisik dan mampu secara materi. Ibadah haji merupakan ibadah yang terikat dengan waktu dan tempat. Maksudnya adalah, tempat dan waktu melaksanakan ibadah haji sudah ditetapkan. Waktu pelaksanaan ibadah haji yaitu pada bulan-bulan haji dan tempat pelaksanaan haji yaitu di tanah suci Makkah.

 

Adapun tata cara pelaksanaan ibadah haji adalah sebagai berikut:

 

Baca Juga: Ketahuilah 5 Tahap Niat Ihram untuk Umrah dan Haji

 

1. Ihram dan miqat

 

Ihram yaitu berniat untuk mengerjakan ibadah haji dengan mengenakan pakaian ihram. Setelah berihram, maka jamaah haji akan terikat pada sejumlah aturan dan larangan ihram dalam melaksanakan ibadah haji. Aturan ini harus diindahkan oleh jamaah, jika tidak maka jamaah akan dikenakan denda atau dam.

 

Sedangkan, miqat merupakan batas waktu dan tempat dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. miqat dibagi menjadi dua yaitu miqat zamani (batas waktu) dan miqat makani (batas tempat).

 

Batas waktu pelaksanaan ibadah haji yaitu pada bulan Syawal, Dzulkaidah, dan Dzulhijjah. Sedangkan batas tempat untuk memulai ibadah haji terletak dibeberapa kota, tergantung dari arah kedatangan jamaah haji.

 

2. Wukuf di Padang Arafah

 

Wukuf adalah hadir atau berkumpul di Padang Arafah. Wukuf sifatnya wajib bagi jamaah haji. Pelaksanaan wukuf dimulai dari tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai menjelang waktu subuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

 

Wukuf diawali dengan mendengarkan khutbah oleh imam, kemudian mengerjakan sholat dzuhur dan asar yang dijamak taqdim dan qashar. Selama wukuf, jamaah haji dianjurkan untuk banyak berdzikir kepada Allah SWT dengan membaca takbir, tahmid, dan istighfar.

 

3. Mabit di Muzdalifah

 

Muzdalifah merupakan sebuah tempat yang terletak diantara Arafah dan Mina. Jamaah haji akan berangkat dari Arafah menuju Mina pada tengah malam. Dalam perjalanan ini, jamaah akan berhenti sebentar Muzdalifah untuk mabit.

 

Baca Juga: Apa Itu Mabit? Mengenal Mabit, Bermalam di Muzdalifah dan Mina saat Ibadah Haji

 

Jamaah yang datang sebelum tengah malam harus menunggu sampai tengah malam karena pelaksanaan mabit adalah tengah malam sampai terbitnya fajar. Jamaah yang tidak melakukan mbait di Muzdalifah harus membayar dam.

 

4. Melontar Jumrah Aqobah

 

Jumrah Aqobah merupakan tugu batu yang terletak di Bukit Aqobah di Mina. Melontar jumrah aqobah dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah dengan menggunakan batu kerikil sebanyak 7 kali.

 

5. Thawaf Ifadhah

 

Jamaah dapat melakukan thawaf ifadhah pada hari setelah lempar jumrah yaitu pada 10 Dzulhijjah. Setelah melakukan lempar jumrah aqobah jamaah dapat langsung menuju Makkah. Thawaf yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran yang dimulai dan diakhiri dari sudut Hajar Aswad.

 

6. Sa’i

 

Sa’i yaitu berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa’i dimulai dari bukit Shafa dan diakhiri di bukit Marwah.

 

7. Tahallul

 

Tahallul adalah keadaan seseorang yang telah dihalalkan atau dibolehkan dari perbuatan yang semula dilarang pada saat ihram. Tahallul dilakukan dengan mencukur atau menggunting rambut paling sedikit adalah tiga helai. Namun, bagi laki-laki disunahkan untuk menggunduli rambutnya pada saat tahallul.

 

8. Mabit di Mina

 

Setelah mengerjakan tahallul kedua, jamaah haji kembali ke Mina untuk melakukan mabit selama hari tasyrik yaitu pada tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah. Jamaah haji juga akan melontarkan tiga jumrah yaitu jumrah ula, wustha dan aqobah yang masing-masing jamarat sebanyak 7 kali lemparan.

 

Baca Juga: Tata Cara Melempar Jumrah, Wajib Kalian Ketahui Sebelum Berangkat Haji

 

Jamaah haji dapat meninggalkan Mina pada tanggal 12 Dzulhijjah setelah melempar jumrah (nafar awal) atau pada tanggal 13 Dzulhijjah (nafar tsani). Setelah itu, seluruh rangkaian haji telah selesai dan jamaah dapat kembali ke Makkah.

 

Wallahu a’lam bish-shawab. 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp