3 Hadits Haji Mabrur Agar Termotivasi Untuk Mengerjakan Ibadah Haji

By. Miftahul Jannah - 03 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Haji mabrur merupakan dambaan setiap Muslim yang menunaikan ibadah haji. Konsep ini tidak hanya dijelaskan dalam Al-Qur'an, tetapi juga dibahas secara mendalam dalam berbagai hadits. Artikel ini akan mengulas hadits-hadits tentang haji mabrur, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna dan pentingnya mencapai haji mabrur.

 

Baca Juga : Inilah Makna Haji Mabrur Agar Menjadi Haji yang Sah

 

Hadits haji mabrur adalah perkataan, perbuatan, atau ketetapan Nabi Muhammad SAW yang berkaitan dengan konsep haji yang diterima oleh Allah SWT. Hadits-hadits ini memberikan panduan, motivasi, dan penjelasan tentang keutamaan serta karakteristik haji mabrur.

 

Kumpulan Hadits tentang Haji Mabrur

 

1. Hadits tentang Balasan Haji Mabrur

 

العُمْرَةُ إلى العُمْرَة كَفَارَةٌ لِما بَيْنَهُمَا والحجُّ المَبْرُورِ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إلاّ الجَنَّة

 

Artinya: Dari satu umrah ke umrah yang lainnya [berikutnya] menjadi penghapus dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga,(HR. Muslim).

 

 

2. Hadits tentang Haji Mabrur dan Dosa

 

من حج فلم يرفث ولم يفسق رجع من ذنوبه كيوم ولدته أمه

 

Siapa yang haji dan tidak berkata jorok dan berbuat fasik, maka akan keluar dosa-dosanya seperti hari dilahirkan dari ibunya.

 

Baca Juga : 7 langkah dan 8 Syarat Mutasi Haji Antar Provinsi Antar Embarkasi

 

3. Hadits tentang Keutamaan Haji Mabrur

 

سُئِلَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ « إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ » . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ « جِهَادٌ فِى سَبِيلِ اللَّهِ » . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ « حَجٌّ مَبْرُورٌ »

 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari no. 1519)

 

Hadits-hadits tentang haji mabrur memberikan panduan yang sangat berharga bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah haji. Melalui hadits-hadits ini, kita dapat memahami bahwa haji mabrur adalah bentuk ibadah haji yang diterima oleh Allah SWT dan memiliki balasan yang sangat besar, yaitu surga. Hadits-hadits tersebut juga menekankan pentingnya keikhlasan, menjaga perilaku, serta menjalankan haji dengan penuh kesungguhan dan ketakwaan.

 

Selain itu, hadits-hadits ini juga memberikan motivasi bagi umat Muslim untuk senantiasa menjaga amal ibadah dan menghindari perbuatan dosa selama menjalankan ibadah haji. Dengan mengamalkan pesan-pesan yang terkandung dalam hadits-hadits ini, jamaah haji dapat lebih fokus dalam mencapai haji mabrur dan memperoleh ridha Allah SWT.

 

Baca Juga : 4 langkah dan 7 Syarat mudah Mengurus Mutasi Haji Antar Provinsi Dalam Satu Embarkasi

 

Pada akhirnya, haji mabrur bukan hanya tentang pelaksanaan rukun dan syarat haji yang sesuai dengan syariat, tetapi juga tentang bagaimana ibadah tersebut mampu mengubah perilaku dan kehidupan seorang Muslim menjadi lebih baik, lebih taat, dan lebih bermanfaat bagi sesama. Semoga setiap Muslim yang menunaikan ibadah haji dapat meraih haji mabrur dan mendapatkan keberkahan serta ganjaran surga dari Allah SWT.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp