7 Keutamaan Berdoa Agar Dapat Memperkuat Iman Dan Meningkatkan Kualitas Ibadah Kepada Allah SWT

By. Miftahul Jannah - 15 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Doa merupakan salah satu aspek fundamental dalam kehidupan seorang muslim. Sebagai sarana komunikasi langsung antara hamba dengan Sang Pencipta, doa memiliki keutamaan yang luar biasa, sebagaimana dijelaskan dalam berbagai ayat Al-Quran dan hadis. Artikel ini akan mengulas beberapa keutamaan doa yang dapat memperkuat iman dan meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

 

Baca Juga : 3 Makna Do'a Bagi Pemeluk Agama Islam

 

1. Allah akan Ingat kepada hamba-Nya yang berdoa

 

Maka ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. Al-Baqarah: 152)

 

2. Berdoa adalah perintah Allah

 

Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengobulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al-Baqarah: 186)

 

3. Berdoalah niscaya diterima Allah

 

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu." (QS. Al-Mu’min:  60)

 

4. Doa merupakan Inti Ibadah

 

Doa itu adalah esensi (inti) ibadah. (HR. Tirmizi dari Anas bin Malik)

 

5. Doa Ibadah paling utama

 

Diriwayatkan dari 'Aisyah, beliau berkata, "Nabi Muhammad SAW ditanya orang, Ibadah manakah yang paling utama? Beliau menjawab, Doa seseorang untuk dirinya." (HR. Bukhari)

 

Baca Juga : 5 Alasan Penting Umat Muslim Harus Berdoa Setiap Waktu

 

6. Doa dan zlkir amalan Para Nabi dan Rasul

 

Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan perbuatan yang balk dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami. (QS. Al-Anbiya’: 90)

 

7. Doa dan zikir obat hati paling mujarab

 

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar-Ra’d 28)

 

Ibnu Al-Qayyim menjelaskan dalam kitab Al-Wabilus Shayyib bahwa zikir adalah obat hati yang akan menghadirkan. ketenangan dan ketenteraman, menghilangkan impitan hidup, keresahan, kegundahan, dan kesedihan.

 

Hati orang berzikir yang merasakan kehadiran Allah, menyadari bahwa Allah senantiasa bersamanya, mengawasinya, melindunginya, dan menaunginya dengan rahmat-Nya, maka hatinya akan mudah tunduk, patuh, serta tidak mudah khawatir dan bersedih.

 

Suasana hati orang berzikir akan memiliki harapan yang besar untuk menatap masa depan dan kepercayaan diri yang kuat dalam menyikapi berbagai persoalan hiclup. Karena hatinya telah mempunyai "teman" yang dapat diandalkan dalam segala keadaan, yakni Allah Al-Mujill, Sang Maha Pengijabah doa.

 

Baca Juga : 4 Amalan Pada 1 Muharram Agar Dijauhkan dari Mara Bahaya

 

Dari berbagai keutamaan doa yang telah dipaparkan, jelas bahwa doa bukan sekadar ritual keagamaan, melainkan sebuah kebutuhan spiritual yang mendalam bagi setiap muslim. Doa tidak hanya menjadi sarana untuk memohon kepada Allah, tetapi juga menjadi obat hati yang paling mujarab, sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Al-Qayyim. Dengan memahami dan menghayati keutamaan doa, kita diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan intensitas doa kita, sehingga dapat meraih ketenangan hati, ketenteraman jiwa, dan keridhaan Allah SWT dalam setiap langkah kehidupan kita. Mari kita jadikan doa sebagai nafas kehidupan kita, agar senantiasa dekat dengan Allah dan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp