3 Waktu Mustajab Untuk Berdo'a Agar Do'a Segera Dikabulkan

By. Miftahul Jannah - 16 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Berdoa adalah kegiatan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Berdoa tidak hanya mempererat hubungan antara hamba dan Sang Pencipta, tetapi juga menjadi sarana untuk meminta pertolongan, petunjuk, dan berkah. Meskipun berdoa dapat dilakukan kapan saja, terdapat beberapa waktu yang diyakini sebagai waktu mustajab untuk berdoa, di mana doa-doa lebih berpeluang untuk dikabulkan. Berikut adalah penjelasan mengenai waktu-waktu mustajab untuk berdoa berdasarkan pembagian tahunan, mingguan, dan harian.

 

Baca Juga : 10 Adab Berdoa Agar Doa Cepat Dikabulkan

 

1.  Waktu Tahunan

 

Beberapa waktu dalam setahun memiliki keistimewaan tersendiri untuk berdoa. Salah satu waktu yang sangat mustajab adalah saat wukuf di Padang Arafah, yang terjadi pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada saat ini, jutaan umat Muslim berkumpul dan memanjatkan doa, memohon ampunan dan rahmat Allah SWT. Selain itu, bulan Ramadhan, terutama pada malam Lailatul Qadar, juga merupakan waktu yang sangat istimewa. Malam ini diyakini lebih baik dari seribu bulan, sehingga berdoa pada malam ini sangat dianjurkan. Malam Idul Fitri dan Idul Adha, sepuluh hari pertama bulan Muharram, serta malam Nishfu Sya'ban juga merupakan waktu-waktu tahunan yang mustajab untuk berdoa.

 

2.  Waktu Mingguan

 

Baca Juga : 7 Keutamaan Berdoa Agar Dapat Memperkuat Iman Dan Meningkatkan Kualitas Ibadah Kepada Allah SWT

 

Dalam satu minggu, terdapat hari-hari dan waktu-waktu tertentu yang dianggap mustajab untuk berdoa. Hari Rabu setelah Zuhur hingga menjelang Ashar, serta hari Senin dan Kamis setelah Ashar, adalah waktu-waktu yang dianjurkan untuk berdoa. Selain itu, hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri, terutama saat memasuki malam hari dan sore menjelang Maghrib. Pada waktu-waktu ini, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan zikir, mengharapkan rahmat dan berkah dari Allah SWT.

 

3. Waktu Harian

 

Setiap hari juga terdapat waktu-waktu tertentu yang mustajab untuk berdoa. Salah satu waktu yang paling mustajab adalah sepertiga malam terakhir. Pada waktu ini, Allah SWT turun ke langit dunia dan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang memohon dengan penuh keikhlasan. Selain itu, doa setelah adzan dikumandangkan dan antara adzan dan iqamah juga sangat dianjurkan. Setelah melaksanakan shalat lima waktu, ketika sujud dalam shalat, dan setelah membaca Al-Quran adalah momen-momen yang baik untuk berdoa. Waktu pagi ketika matahari mulai naik (waktu Duha), waktu antara Maghrib dan Isya, serta saat sedang berpuasa, musafir, turun hujan, ketika ayam berkokok, saat mendapatkan musibah, dan ketika dizhalimi orang lain juga merupakan waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.

 

Baca Juga : 5 Alasan Penting Umat Muslim Harus Berdoa Setiap Waktu

 

Memahami dan memanfaatkan waktu-waktu mustajab untuk berdoa dapat membantu umat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah dalam hidup. Dengan memperbanyak doa dan zikir pada waktu-waktu tersebut, diharapkan doa-doa yang dipanjatkan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Selalu berdoa dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, serta tetap menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, adalah kunci utama dalam meraih kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp