6 Cara Berdo'a Agar Do'a Menjadi Mujarab

By. Miftahul Jannah - 16 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam Islam. Sebagai hamba Allah, kita diperintahkan untuk selalu berdoa dan memohon pertolongan kepada-Nya. Namun, tidak semua doa langsung dikabulkan. Ada beberapa cara agar doa kita menjadi mustajab atau dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini 6 cara agar doa kita menjadi mustajab:

 

Baca Juga : 9 Tempat Mustajab Untuk Berdo'a Agar Cepat Diijabah

 

1. Berdoa dengan Ikhlas

 

Ikhlas dalam berdoa berarti memusatkan harapan dan pengabulan hanya kepada Allah SWT. Kita harus memurnikan niat kita dalam berdoa sebagai sarana mendekatkan diri kepada-Nya. Ingatlah bahwa doa adalah perintah Allah, sehingga kita harus melakukannya dengan sepenuh hati dan ketulusan.

 

2. Berdoa dengan Yakin

 

Rasulullah SAW bersabda, "Berdoalah kepada Allah dalam keadaan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah bahwa sungguh Allah biasanya tidak mengabulkan doa yang keluar dari hati yang tidak konsentrasi dan lalai" (HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah). Keyakinan dalam berdoa sangat penting, karena hal ini menunjukkan kepercayaan kita kepada Allah SWT.

 

3. Berhusnuzhan (Berbaik Sangka) kepada Allah

 

Sikap yakin diterimanya sebuah doa harus dibarengi dengan menjaga harapan dan berbaik sangka (husnuzhan) kepada Allah dalam tindakan dan pikiran. Jika ada bisikan hati yang mengatakan "doamu tidak diterima", segeralah beristighfar. Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah berfirman: "Aku menurut prasangka hamba-Ku atas diri-Ku, dan Aku bersamanya ketika ia berdoa kepada-Ku" (HR. Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah).

 

4. Melatih Diri Menerima Takdir dan Ketentuan-Nya

 

Baca Juga : 3 Waktu Mustajab Untuk Berdo'a Agar Do'a Segera Dikabulkan

 

Untuk melatih prasangka baik kepada Allah, kita harus rela menerima semua takdir yang sudah Allah tentukan, termasuk doa yang sudah dipanjatkan. Allah lebih tahu saat yang tepat untuk mengabulkan doa hamba-Nya. Sikap ini akan membuat kita lebih tenang dan sabar dalam menunggu pengabulan doa.

 

5. Konsisten Berdoa dalam Berbagai Kondisi

 

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menginginkan doanya dipenuhi Allah ketika dia dalam kesulitan, hendaknya dia memperbanyak doa di waktu lapang." (HR Tirmidzi dan Hakim). Konsistensi dalam berdoa, baik dalam keadaan senang maupun susah, menunjukkan keimanan dan ketaatan kita kepada Allah SWT.

 

6. Memperbanyak Perkataan dan Amal Baik

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, "Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang shaleh dinaikkan-Nya." (QS. Fathir: 10). Perkataan dan amal baik dapat menjadi perantara dikabulkannya doa kita. Oleh karena itu, perbanyaklah ucapan yang baik dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dengan menerapkan keenam cara ini, insya Allah doa kita akan menjadi lebih mustajab. Namun, kita juga harus ingat bahwa Allah SWT Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Terkadang, Allah mengabulkan doa kita dengan cara yang berbeda atau di waktu yang berbeda dari yang kita harapkan. Yang terpenting adalah kita tetap istiqomah dalam berdoa dan beribadah kepada-Nya.

 

Baca Juga : 10 Adab Berdoa Agar Doa Cepat Dikabulkan

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa yang mustajab. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya, baik yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp