Apa Itu Embarkasi? Mengenal Embarkasi Haji di Indonesia

By. Dewi Savitri - 17 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ketika musim haji tiba, kalian pasti sering mendengar istilah embarkasi. Apa itu Embarkasi?

 

Baca Juga: Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Melaksanakan Ibadah Haji

 

Embarkasi adalah tempat pemberangkatan pesawat terbang atau kapal laut. Embarkasi haji merupakan tempat pemberangkatan jamaah haji dari Indonesia ke tanah suci Makkah.

 

Indonesia memiliki beberapa embarkasi haji yang tersebar di beberapa kota. Saat ini, terdapat 13 embarkasi haji di Indonesia, yaitu Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Aceh, Padang, Palembang, Batam, Surabaya, Solo, Makassar dan Lombok. Embarkasi haji di Indonesia dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk kenyamanan jamaah. Fasilitas yang disediakan antara lain terminal, ruang tunggu, kantin, musholla, toilet, serta area parkir.

 

Proses pemberangkatan jamaah haji dimulai dari embarkasi haji. Jamaah akan diberangkatkan dari embarkasi haji menuju bandara. Pada saat pemberangkatan, jamaah akan diberikan perlengkapan haji seperti koper dan perlengkapan haji.

 

Baca Juga: Tata Cara Pelaksanan Ibadah Haji, Pelajari Urutannya

 

Keamanan di embarkasi haji sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan jamaah haji. Oleh karena itu, pihak berwenang menjaga keamanan di embarkasi haji dengan ketat. Setiap jamaah dan barang bawaan akan diperiksa sebelum memasuki area embarkasi haji.

 

Biro travel haji memainkan peran penting dalam pemberangkatan jamaah haji. Biro travel haji bertanggung jawab dalam mempersiapkan jamaah sebelum berangkat haji, mulai dari persiapan administrasi, persiapan kesehatan, hingga persiapan keuangan. Selain biro travel, petugas di embarkasi haji juga memiliki tanggung jawab dalam memastikan kelancaran pemberangkatan jamaah haji. Petugas akan membantu jamaah dalam memeriksa barang bawaan, memeriksa dokumen perjalanan, hingga memberikan arahan dan panduan.

 

Baca Juga: Perlukah Manasik Haji? Ini Dia Fungsi Manasik Haji bagi Jamaah

 

Itulah beberapa informasi penting mengenai embarkasi haji di Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran mengenai proses pemberangkatan jamaah haji di Indonesia dan memudahkan para jamaah dalam menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp