Inilah Standar Jarak Akomodasi Jemaah Haji Di Makkah Dan Madinah

By. Miftahul Jannah - 22 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Melakukan ibadah haji adalah impian setiap umat Muslim. Selain persiapan fisik dan spiritual, kenyamanan akomodasi selama di Tanah Suci menjadi faktor penting dalam menunjang kelancaran ibadah. Salah satu aspek krusial dalam memilih akomodasi adalah jarak penginapan ke Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Berikut ini adalah standar jarak akomodasi jemaah haji yang perlu diperhatikan.

 

Baca Juga : 2 Standar Wilayah untuk Akomodasi Jemaah Haji di Arab Saudi

 

Jarak Akomodasi di Makkah

 

Di Makkah, standar jarak akomodasi jemaah haji dihitung berdasarkan jarak tempuh dari titik nol (titik yang ditentukan) di halaman terluar Masjidil Haram. Wilayah terjauh yang diperbolehkan untuk akomodasi jemaah haji adalah sejauh 4.500 meter dari Masjidil Haram. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jemaah masih dapat dengan mudah mengakses Masjidil Haram untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

 

Jarak Akomodasi di Madinah

 

Sementara itu, di Madinah, standar jarak akomodasi dihitung dari halaman terluar Masjid Nabawi. Jarak terjauh yang diperbolehkan adalah 1.000 meter. Jarak yang lebih dekat ini dibandingkan dengan Makkah disebabkan oleh perbedaan kapasitas dan luas area di sekitar Masjid Nabawi. Dengan jarak maksimal yang lebih pendek, diharapkan jemaah dapat lebih nyaman dan mudah mengakses masjid untuk menjalankan ibadah.

 

Baca Juga : 7 standar kualitas yang harus dimiliki akomodasi agat jemaah nyaman

 

Pengukuran Jarak Akomodasi

 

Pengukuran jarak akomodasi dilakukan dengan memperhitungkan jarak tempuh yang diukur dari titik nol di halaman terluar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Standar ini ditetapkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan jemaah haji selama berada di Tanah Suci. Penginapan yang terlalu jauh dapat menyulitkan jemaah dalam melaksanakan ibadah, terutama bagi mereka yang lanjut usia atau memiliki kondisi fisik tertentu.

 

Pentingnya Memperhatikan Standar Jarak

 

Memperhatikan standar jarak akomodasi sangat penting bagi jemaah haji. Selain memudahkan akses ke tempat ibadah, standar ini juga membantu mengurangi kelelahan dan risiko kesehatan akibat perjalanan yang terlalu jauh. Oleh karena itu, jemaah haji sebaiknya memilih penginapan yang sesuai dengan standar jarak yang telah ditetapkan untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran ibadah mereka.

 

Baca Juga : 6 standar kelayakan akomodasi untuk sukses terselenggaranya ibadah haji

 

Dalam proses pemilihan akomodasi, jemaah haji dan penyelenggara ibadah haji diharapkan dapat berkoordinasi dengan baik untuk memastikan bahwa standar jarak ini dipenuhi. Dengan demikian, pengalaman ibadah haji dapat menjadi lebih khusyuk dan penuh berkah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp