Inilah 6 Hadits Keutamaan Membaca QS. Yasin agar Memperoleh Pengampunan Dosa

By. Miftahul Jannah - 25 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Surat Yasin, dikenal sebagai jantungnya Al-Qur'an, memiliki tempat istimewa di hati umat Muslim. Surat ini sering dibaca dalam berbagai kesempatan, baik saat memohon keberkahan maupun dalam rangkaian ibadah sehari-hari. Keutamaan surat Yasin bukanlah sekadar tradisi, tetapi memiliki dasar kuat dalam berbagai hadits Nabi Muhammad SAW yang menegaskan manfaat spiritual dan pahala yang besar bagi pembacanya. Dalam artikel ini, kita akan mengulas beberapa hadits yang menjelaskan keutamaan membaca surat Yasin, sehingga kita dapat memahami lebih dalam nilai dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

 

Baca Juga : Inilah Surat Yasin agar Mendapatkan Pemahaman Lebih tentang Ajaran Islam

 

“Dari Anas (diriwayatkan) Nabi saw bersabda: Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati, dan hatinya Al-Qur`an adalah surah Yasin, barangsiapa membaca surah Yasin, maka Allah akan mencatat baginya (pahala) seperti membaca seluruh Al-Qur`an sepuluh kali atas bacaannya” [H.R. at-Tirmidzi No. 2812].

 

“Telah menceritakan kepada kami Abu al-Mugirah, telah menceritakan kepada kami Safwan, telah bercerita kepadaku beberapa orang syaikh, mereka menghadiri Gudaif al-Haris ats-Tsumali tatkala kekuatan fisiknya telah melemah, lalu berkata; Maukah salah seorang di antara kalian membacakan surah Yasin? Lalu Salih bin Syuraih as-Sakuni membacanya, tatkala sampai pada ayat yang ke empat puluh, Gudaif al-Haris ats-Tsumali wafat. (Safwan r.a.) berkata; Beberapa syaikh tadi berkata; Jika hal itu dibacakan di sisi mayit, maka akan diringankannya. Safwan berkata; ‘Isa bin al-Mu’tamir membacakan di sisi Ma’bad” [H.R.Ahmad No. 16355].

 

“Dari Ma’qil bin Yasar (diriwayatkan) Rasulullah saw bersabda: al-Baqarah adalah surah Al-Qur’an berkedudukan tertinggi dan puncaknya. Delapan puluh Malaikat turun menyertai masing-masing ayatnya. Laa ilaha illaahu al-hayyul qayyum di bawah ‘Arsy, lalu ia digabungkan dengannya, atau digabungkan dengan surah al-Baqarah. Sedangkan Yasin adalah hati AlQur’an. Tidaklah seseorang membacanya, sedang ia mengharap (rida) Allah tabaraka wa ta’ala dan akhirat, melainkan dosanya akan di ampuni. Bacakanlah surah tersebut terhadap orang-orang yang mati di antara kalian” [H.R. Ahmad No. 19415].

 

“Dari al-Hasan (diriwayatkan), barangsiapa yang membaca surah Yasin pada malam hari karena mengharap wajah Allah atau mengharap keridaan Allah niscaya ia akan diampuni. Ia berkata lagi; Telah sampai berita kepadaku bahwa surah itu menyamai Al-Qur’an seluruhnya” [H.R. ad-Darimi No. 3281.

 

Baca Juga : 7 Fadhilah dari QS. Yasin untuk Ketenangan Hati dan Pikiran

 

“Dari Anas (diriwayatkan), Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati dan sesungguhnya hati Al-Qur’an adalah surah Yasin. Barangsiapa yang membacanya, maka ia seakan-akan telah membaca Al-Qur’an sebanyak sepuluh kali” [H.R. ad-Darimi No. 3282].

 

”Dari ‘Atha` bin Abu Rabah (diriwayatkan), telah sampai berita kepadaku bahwa Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa yang membaca surah Yasin pada awal siang niscaya akan terpenuhi semua kebutuhannya” [H.R. ad-Darimi No. 3284].

 

“Ibnu Abbas berkata (diriwayatkan), barangsiapa yang membaca surah Yasin ketika berada di waktu pagi niscaya diberikan kepadanya kemudahan hari itu hingga ia berada di waktu sore, dan barangsiapa yang membacanya pada awal malam niscaya diberikan kepadanya kemudahan malam itu hingga ia berada di waktu pagi” [H.R. ad-Darimi No. 3285].

 

“Dari Abu Hurairah (diriwayatkan) Rasulullah saw bersabda, barangsiapa di malam Jumat membaca ad-Dukhan dan Yasin, maka ia diampuni di pagi harinya” [H.R. al-Baihaqi No. 2248 dalam kitab Syu’ab al-Iman].

 

Baca Juga : 16 Nama Lain QS. Al-Fatihah Yang Harus Kamu Tau

 

Dengan membaca surat Yasin, kita tidak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT tetapi juga meraih berbagai manfaat yang telah dijanjikan dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Dari memperoleh pahala setara membaca Al-Qur'an sepuluh kali hingga mendapatkan kemudahan dan perlindungan sepanjang hari, surat Yasin memberikan keberkahan yang luar biasa. Selain itu, dengan niat yang ikhlas dan harapan akan ridha Allah, kita dapat mencapai pengampunan dosa dan ketenangan hati. Semoga dengan memahami dan mengamalkan keutamaan surat Yasin, kita semua dapat meraih manfaat spiritual yang membawa keberkahan dalam hidup kita.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp