3 Waktu di Hari Jum'at yang Baik Untuk Membaca QS. Al-Kahfi

By. Miftahul Jannah - 30 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Sebagai umat Muslim, mengetahui waktu yang tepat untuk membaca surat ini dapat membantu kita meraih berbagai keutamaan yang telah dijanjikan. Salah satu waktu yang sangat dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi adalah pada hari Jumat.

 

Baca Juga : 6 keutamaan QS. Al-Kahfi yang perlu diketahui umat muslim

 

 Anjuran Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

 

Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat memiliki keutamaan khusus. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa'id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan diberikan cahaya di antara dua Jumat." (HR. Hakim). Cahaya yang dimaksud adalah petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT.

 

 Kapan Waktu yang Tepat pada Hari Jumat?

 

Ada beberapa pendapat ulama mengenai waktu terbaik untuk membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Malam Jumat

 

Sebagian ulama berpendapat bahwa waktu yang dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis, yaitu malam Jumat. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i dan Al-Baihaqi, disebutkan bahwa membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat akan memberikan cahaya di antara dirinya dan Ka'bah.

 

Baca Juga : Inilah isi dan pelajaran yang dapat diambil dalam QS. Al-Kahfi

 

2. Pagi Hari Jumat

 

Pendapat lain menyebutkan bahwa membaca Surat Al-Kahfi pada pagi hari Jumat juga sangat dianjurkan. Hal ini berdasarkan kebiasaan beberapa sahabat Nabi yang membacanya pada pagi hari sebelum melaksanakan shalat Jumat.

 

3. Sepanjang Hari Jumat

 

Beberapa ulama juga memperbolehkan membaca Surat Al-Kahfi sepanjang hari Jumat, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Pendapat ini memberikan fleksibilitas bagi umat Muslim yang mungkin memiliki kesibukan sehingga tidak dapat membaca pada waktu tertentu.

 

Baca Juga : Inilah Cara Membaca Yasin Fadhilah 41 Kali Agar Mendapatkan Pertolongan Allah

 

Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan mengetahui waktu yang tepat dan melakukannya secara rutin, kita dapat meraih berbagai keutamaan dan manfaat yang telah dijanjikan. Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan untuk terus beristiqamah dalam menjalankan ibadah dan mengambil hikmah dari setiap ayat-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp