Inilah Hubungan QS. Al-Kahfi dengan Hari Jum'at

By. Miftahul Jannah - 30 Jul 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki banyak keutamaan, khususnya ketika dibaca pada hari Jumat. Hubungan antara Surat Al-Kahfi dan hari Jumat telah dijelaskan dalam berbagai hadits dan tradisi Islam, menunjukkan pentingnya membaca surat ini pada hari yang penuh berkah tersebut. Berikut penjelasan mengenai hubungan antara Surat Al-Kahfi dan hari Jumat serta keutamaan yang didapatkan dari amalan ini.

 

Baca Juga : 3 Waktu di Hari Jum'at yang Baik Untuk Membaca QS. Al-Kahfi

 

 

Banyak hadits yang mengisyaratkan keutamaan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Salah satu hadits menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
 


Artinya: "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami'.).

 

Baca Juga : 6 keutamaan QS. Al-Kahfi yang perlu diketahui umat muslim

 

Hadits ini menunjukkan bahwa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat memberikan petunjuk dan cahaya yang menerangi jalan hidup seseorang dari Jumat ini hingga Jumat berikutnya.

 

Anjuran membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat dapat dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis malam (malam Jumat) hingga terbenamnya matahari pada hari Jumat. Beberapa ulama berpendapat bahwa waktu terbaik untuk membacanya adalah pada pagi hari Jumat sebelum shalat Jumat. Namun, secara umum, Surat Al-Kahfi dapat dibaca kapan saja sepanjang hari Jumat untuk mendapatkan keutamaannya.

 

Baca Juga : Inilah isi dan pelajaran yang dapat diambil dalam QS. Al-Kahfi

 

Hubungan antara Surat Al-Kahfi dan hari Jumat sangat erat, dengan banyak keutamaan yang dapat diraih oleh mereka yang membacanya pada hari yang penuh berkah ini. Dengan memahami dan mengamalkan anjuran ini, kita tidak hanya mendapatkan cahaya dan petunjuk dalam hidup, tetapi juga perlindungan dari fitnah dan peningkatan keimanan. Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk terus istiqamah dalam menjalankan ibadah dan meraih berbagai keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp