3 Gambaran Hari Kiamat dalam Surat Al-Waqi'ah Agar Kita Selalu Ingat Hari Akhir

By. Miftahul Jannah - 06 Aug 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Surat Al-Waqi'ah merupakan salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memberikan gambaran mendetail tentang peristiwa hari kiamat. Surat ini dikenal karena penjelasannya yang menggetarkan jiwa dan memotivasi umat manusia untuk senantiasa beriman dan beramal shaleh. Dalam surat ini, Allah SWT menjelaskan beberapa tahapan dan fenomena yang akan terjadi saat hari kiamat tiba.

 

Baca Juga : Inilah Surat Al-Waqiah agar Mendekatkan Diri kepada Allah

 

Gambaran Peristiwa Hari Kiamat dalam Surat Al-Waqi'ah

 

1. Kehancuran Alam Semesta

 

Pada awal surat, Allah SWT menggambarkan bagaimana alam semesta akan mengalami kehancuran total. Langit akan terbelah, gunung-gunung akan dihancurkan menjadi debu yang beterbangan, dan bumi akan diguncangkan dengan dahsyat. Fenomena ini menunjukkan betapa dahsyatnya kekuatan Allah SWT dalam menghancurkan dan merubah segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.

 

   _“Apabila terjadi hari Kiamat (yang pasti terjadi), tidak ada seorang pun yang (dapat) mendustakan terjadinya, (Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain), Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya, gunung-gunung dihancurkan sehancur-hancurnya, jadilah ia debu yang beterbangan.”_ (QS. Al-Waqi'ah: 1-6)

 

2. Pembagian Manusia ke dalam Tiga Golongan

 

Setelah kehancuran alam semesta, manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dan dibagi menjadi tiga golongan: golongan kanan (Ashabul Yamin), golongan kiri (Ashabusy Syimal), dan golongan orang-orang yang paling dahulu beriman (As-Sabiqun).

 

Baca Juga : Inilah 4 Keutamaan Surat Al-Waqiah agar Mendapatkan Rezeki Berlimpah

 

   - Ashabul Yamin adalah golongan orang-orang yang menerima catatan amal mereka dengan tangan kanan sebagai tanda kebahagiaan dan keselamatan.

 

   - Ashabusy Syimal adalah golongan orang-orang yang menerima catatan amal mereka dengan tangan kiri sebagai tanda kesengsaraan dan kecelakaan.

 

   - As-Sabiqun adalah golongan orang-orang yang pertama kali beriman dan menjalankan perintah Allah dengan penuh ketaatan.

 

3. Balasan yang Diterima Masing-Masing Golongan

 

Setiap golongan akan menerima balasan yang setimpal dengan amal perbuatan mereka di dunia. Golongan kanan akan memperoleh nikmat yang tak terhingga di surga. Golongan kiri akan mendapatkan siksaan yang pedih di neraka. Sedangkan golongan orang-orang yang paling dahulu beriman akan mendapatkan tempat yang istimewa di surga.

 

   _“Golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu, (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, pohon pisang yang (buahnya) bersusun-susun, naungan yang terbentang luas, yang tercurah, buah-buahan yang banyak yang tidak berhenti berbuah dan tidak terlarang memetiknya.”_ (QS. Al-Waqi'ah: 27-33)

 

Baca Juga : Inilah Gambaran Hari Kiamat dalam Surat Ar-Rahman

 

Surat Al-Waqi'ah memberikan gambaran yang jelas dan mendalam tentang peristiwa hari kiamat. Allah SWT menegaskan betapa dahsyatnya kejadian tersebut dan bagaimana nasib manusia ditentukan oleh amal perbuatan mereka di dunia. Melalui surat ini, kita diingatkan untuk selalu memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan agar termasuk ke dalam golongan yang beruntung di hari kiamat.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp