Ketentuan Menutup Aurat Sebagai Syarat Sahnya Sholat

By. Darma Taujiharrahman - 26 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Secara Bahasa, syarat sah sholat dapat diartikan sebagai suatu tanda yang secara syariat dapat mengikat sahnya sholat namun bukan merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaannya.

 

Dalam penjelasan syarat sholat setidaknya terdapat lima macam yang harus diketahui yaitu menutup aurat, mengetahui masuknya waktu sholat, menghadap kiblat, dan dua lainnya adalah muslim dan mukallaf

 

Baca juga:

 

Pertama adalah menutup aurat

Yang dimaksud dengan menutup aurat, Ibnu Ujail menjelaskan setidaknya dapat mencegah atau menghalami pandangan sejarak dua orang yang sedang bercakap atau berbicara.

 

Namun ulama lain (Ibnu Mukarromah) menyampaikan bahwa tidak ada ketentuan jarak secara spesifik asalkan cara memandangnya tidak dengan menempelkan atau hampir menempelkan mata ke bagian aurat.

 

Kemudian peranti yang digunakan sebagai penutup tidaklah mutlak dalam bentuk pakaian, namun juga dapat menggunakan tanah liat, daun ataupun jerami dengan catatan berupa benda yang berwujud tidak hanya warna saja seperti cat dan sejenisnya.

 

Dalam suatu kisah pernah dijelaskan bahwa seseorang yang di dalam bui tidak bisa mendapatkan penutup yang layak untuknya melaksanakan sholat, atau bahwa seluruh benda yang ada pada posisi tersebut adalah mutanajjis (terkontaminasi najis) dan tidak dapat dibersihkan. Maka sebagian ulama memperbolehkan sholat dalam kondisi telanjang atau sebagian tertutupin dengan mendahulukan pada daerah kemaluan dan dubur. Meski begitu kewajiban atas usaha pencarian harus dilaksanakan terlebih dahulu.

 

Lain hal apabila kasus yang terjadi adalah keterpaksaan untuk menggunakan pakaian yang mutanajjis dikarenakan kondisi cuaca yang sangat panas ataupun sangat dingin atau dalam situasi bencana dan terdesak, maka diperbolehkan menggunakannya.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com. Semoga kita selalu dalam keberkahan dan perlindungan Allah swt Amin YRA, salam

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp