Dua Cara Mengetahui Masuknya Waktu Sholat Sebagai Syarat Sahnya Sholat

By. Darma Taujiharrahman - 26 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Secara Bahasa, syarat sah sholat dapat diartikan sebagai suatu tanda yang secara syariat dapat mengikat sahnya sholat namun bukan merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaannya.

 

Dalam penjelasan syarat sholat setidaknya terdapat lima macam yang harus diketahui yaitu menutup aurat, mengetahui masuknya waktu sholat, menghadap kiblat, dan dua lainnya merupakan  syarat taklif adalah muslim dan aqil baligh

 

Baca juga:

 

Kedua adalah mengetahui masuknya waktu sholat

Yang dimaksud dengan mengetahui masuknya waktu sholat adalah keyakinan dengan telah masuknya waktu dan / atau ijtihad untuk memperkirakan masuknya waktu.

 

Berdasarkan maksud tersebut maka ada dua tahap dalam proses untuk mengetahui kapan masuknya waktu sholat.

 

Pertama, mengetahui dari sumber yang dapat dipercaya yaitu mereka yang ahli dalam bidang astronomi. Biasa informasi telah disampaikan melalui muadzin ataupun jam waktu sholat.

 

Dalam prakteknya waktu adzan atau jam sholat yang disampaikan adalah telah melalui proses ijtihad secara ilmiah yang mana telah ditambahkan dengan waktu iktiyat atau jaga-jaga sebanyak 3 – 8 menit untuk benar-benar memastikan masuknya waktu sholat.

 

Kedua, memperkirakan atau menduga secara perseorangan dengan cara berijtihad. Dalam proses kedua dapat dilakukan ijtihad secara perseorangan dengan mengamati tanda-tanda yang terjadi secara alami ataupun melalui campur tangan manusia.

 

Misalnya dengan memperhatikan arah bayangan dari matahari, suara kokok ayam ataupun kicauan burung. Selain itu juga dapat ditandai dengan aktifitas keseharian yang rutin dikerjakan seperti bekerja, bersih-bersih, membaca al-Quran satu jus dan lain sebagainya. Namun jika tidak memiliki kemampuan yang pasti dalam memperkirankan sendiri, maka mengikuti langkah pertama merupakan suatu hal yang lebih bijak.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com. Semoga kita selalu dalam keberkahan dan perlindungan Allah swt Amin YRA, salam

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp