Bagian Tubuh yang Menghadap Kiblat saat Sholat, Berikut Ketentuannya

By. Darma Taujiharrahman - 26 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Secara Bahasa, syarat sah sholat dapat diartikan sebagai suatu tanda yang secara syariat dapat mengikat sahnya sholat namun bukan merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaannya.

 

Meski termasuk sama secara pengertian, namun syarat sah memiliki perbedaan dengan syarat taklif yang harus didahulukan sebelum syarat sah yaitu muslim, balig dan berakal.

 

Dalam penjelasan syarat sholat setidaknya terdapat lima macam yang harus diketahui yaitu menutup aurat, mengetahui masuknya waktu sholat, menghadap kiblat, dan dua lainnya merupakan syarat taklif adalah muslim dan aqil baligh

 

Baca juga:

 

Bagian tubuh yang menghadap kiblat

Terkhusus bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk mengetahui dimanakah arah ka’bah ataupun tempat dimana ka’bah berada maka diwajibkan untuk menghadap kearah tersebut.

 

Sedangkan bagian tubuh yang menghadapnya adalah bagian dada jika seorang musholli memiliki kemampuan untuk melaksanakan sholat dengan cara berdiri ataupun duduk.

 

Bagi yang melakukannya dengan tidur miring, maka menghadap kiblat dengan wajah dan anggota tubuh bagian depan.

 

Bagi yang mampu tidur dengan telentang mengadap kiblatnya dengan wajah dan kedua lekuk tlapak kakinya dengan cara mengangkat kepalangan disanggah menggunakan bantal dan meletakkan tumintnya di atas bumi / lantai.

 

Hal ini tentunya diterapkan untuk menjadikan keringanan (rukhsoh) bagi para musholli yang memiliki keterbatasan kemampuan untuk melaksanakan tata cara sholat secara utuh serta menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang mudah dan senantiasa memberikan kemudahan kepada pengikutnya.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com. Semoga kita selalu dalam keberkahan dan perlindungan Allah swt Amin YRA, salam

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp