Jangan Sholat!!! Sebelum Pahami 2 Macam Rukun Sempurnanya Sholat

By. Darma Taujiharrahman - 26 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Setelah syarat sah sholat yang harus dipenuhi sebelum masuk kedalam prosesi ibadah sholat sudah dipenuhi, maka prosesi pelaksanaan ibadah sholat dapat dikerjakan.

 

Prosesi pelaksanaan ibadah sholat terdiri dari berbagaimacam rukun yaitu berjumlah 18 (delapan belas) yang dimulai dari niat hingga salam.

 

Secara jenisnya, rukun sholat dapat dibedakan pada dua macam yaitu rukun fi’li dan rukun qouli.

 

1. Rukun fi’li

Rukun-rukun yang termasuk fi’li adalah Gerakan-gerakan pada sholat yang dilakukan melalui kerja fisik. Beberapa diantanya adalah berdiri, ruku’, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dada duduk tasyahud akhir

 

Bagi mereka yang memiliki kemampuan fisik untuk mengejarkan seluruh rukun fi’li maka jika meninggalkannya ketentuan sholat tidak akan terpenuhi.

 

Baca juga:

 

Namun bagi mereka yang terhalang secara fisik untuk mengejakan rukun-rukun fi’li sebagaimana kondisi saat sakit keras ataupun duduk dalam perjalanan di pesawat, kapal laut ataupun kereta maka dapat melakukannya dengan membayangkan dalam fikiran juga hati sedang mengerjakan Gerakan rukun-rukun fi’li.

 

2. Rukun qouli

Sedangkan rukun qouli adalah rukun-rukun dalam sholat yang wajib dibaca bahkan hingga dapat didengar oleh telinga sendiri.

 

Bacaan-bacaan tersebut diantaranya adalah:

 

- Bacaan takbiratul ihram

Takbiratul ihram adalah mengangkat kedua tangan seraya membaca kalimat:

للَّٰهُ أَكْبَ



- Membaca Al Fatihah

Surah Al Fatihah adalah bacaan yang wajib dibaca oleh setiap orang yang melakukan sholat wajib maupun sunnah. Berikut bacaan Surah Al Fatihah ayat 1-7:

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ



- Bacaan tahiyat akhir

Membaca bacaan tahiyat akhir termasuk ke dalam rukun qauli dalam sholat. Bacaan tahiyat akhir atau tasyahud akhir ini adalah sebagai berikut:

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
 

- Sholawat Nabi dalam tahiyat akhir

Dalam akhir bacaan tahiyat akhir pun diwajibkan untuk membaca sholawat atas Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim. Berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

 

- Salam yang pertama

Membaca salam pertama atau saat menengok ke kanan hukumnya adalah wajib. Berikut bacaannya:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com. Semoga kita selalu dalam keberkahan dan perlindungan Allah swt Amin YRA, salam









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp