Hati-hati Kecopetan! 4 Penanganan Uang Hilang Saat Ibadah Haji

By. Dewi Savitri - 27 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ketika musim haji tiba, kita sering mendengar berita jamaah haji yang kehilangan uangnya. Kehilangan uang bisa terjadi karena jamaah lupa meletakannya, terselip, hingga dicopet. Kehilangan uang tentu membuat prihatin apalagi jika uang yang hilang merupakan uang terakhir yang dimiliki jamaah disana.

 

Baca Juga: 3 Cara Mengurus Jamaah Haji Meninggal Dunia Sesuai Peraturan Saudi Arabia

 

Jika sudah terjadi dan nasi menjadi bubur maka apa boleh buat, satu-satunya jalan yaitu mengikhlaskan. Selain itu jamaah juga bisa melaporkan kehilangannya dan akan diproses sesuai dengan perkiraan lokasi kehilangan tersebut. Dikutip dari kepri.kemenag.go.id, berikut beberapa cara penyelesaian kasus jamaah haji kehilangan uang:

 

1. Jika Uang Hilang di Bandara

 

Jika jamaah kehilangan uang saat di bandara, maka jamaah bisa langsung lapor ke ketua kloter. Kemudian, ketua kloter akan membuat laporan tertulis dengan saksi ketua regu atau ketua rombongan. Laporan ini akan disampaikan ke Sektor bandara yang kemudian jamaah haji akan diberikan nasehat untuk berhati-hati dan menjaga barang bawannya. Selanjutnya, ketua kloter akan melapor ke petugas Daker tentang berita kehilangan uang tersebut. Petugas kemudian akan membantu mencarikannya.

 

2. Jika Uang Hilang di Bus Antar Kota

 

Jika jamaah kehilangan uang di bus antar kota, maka jamaah bisa melapor ke ketua kloter dan kemudian diteruskan ke Sektor saat tiba ditempat tujuan dengan menyebutkan nomor dan identitas perusahaan bus yang dinaiki. Jika memungkinkan, segeralah menghubungi nomor perusahaan bus tersebut dengan menyebutkan nomor serta identitas bus. Setelah menerima laporan, petugas Sektor akan berupaya untuk membantu mengatasi dan menyelesaikan masalah ini dengan menghubungi perusahaan angkutan tersebut.

 

Baca Juga: Cegah Kecopetan, Ini Dia 3 Cara Agar Tidak Kehilangan Uang Saat Ibadah Haji dan Umrah

 

3. Jika Uang Hilang di Tempat Akomodasi/Hotel

 

Ada dua kemungkinan jamah kehilangan uang di tempat akomodasi atau hotel. Jika jamaah kehilangan uang karena kesalahannya sendiri maka permasalahan ini akan dilaporkan ke Sektor dan jamaah yang kehilangan uangnya akan dinasehati untuk lebih berhati-hati dan menjaga barang bawaan miliknya. Jika jamaah kehilangan uang karena tasnya dibongkar paksa, maka jamaah bisa membiarkan barang-barang yang dibongkar dan tidak membereskan dulu dari posisi sebelumnya sampai ada pemeriksaan oleh Maktab atau Majmuah dan polisi. Jika pembongkaran tersebut terjadi karena kelalaian Majmuah maka akan dimintakan ganti rugi kepada Majmuah tersebut.

 

4. Jika Uang Hilang di Luar Akomodasi/Hotel

 

Jika jamaah kehilangan uang di luar tempat akomodasi atau hotel seperti kecopetan atau karena sebab lain, maka ketua kloter segera melapor ke bagian penitipan di Masjid, kemudian ketua kloter juga melaporkan kasus ini ke Sektor yang mewilayahi dengan mengisi formulir dan ditanda tangani oleh saksi (ketua regu dan ketua rombongan).

 

 

Baca Juga: Kamu Wajib Coba! 5 Rekomendasi Wisata Kuliner di Madinah

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp