Bus Armina Tidak Dapat Menampung Jamaah? Ini Dia Penanganannya

By. Dewi Savitri - 27 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Jarak antara pemondokan jamaah haji menuju Arafah dan Mina yang cukup jauh mengharuskan jamaah menggunakan bus sebagai transportasi utama. Meskipun sudah dilakukan perancangan penjemputan jamaah yang matang namun, tetap saja bus yang ditunggangi para jamaah sering penuh hingga jamaah harus berdiri dan berdesakan.

 

Baca Juga: Hati-hati Kecopetan! 4 Penanganan Uang Hilang Saat Ibadah Haji

 

Permasalahan bus angkutan jamaah haji ke Arafah dan Mina tidak dapat menampung jamaah haji kerap kali muncul mewarnai perjalanan ibadah haji. Padahal, bus sudah disiapkan jauh-jauh hari untuk memfasilitasi jamaah agar tidak terjadi masalah seperti ini.

 

Dikutip dari kepri.kemenag.go.id, permasalahan ini muncul karena jamaah haji yang saling berebut untuk dapat berangkat menggunakan bus pertama. Selain itu, jumlah bus yang disiapkan juga belum memadai untuk menampung lebih banyak jamaah haji.

 

Sifat ingin lebih cepat sampai, takut tertinggal dan tidak sabar ini muncul secara manusiawi pada jamaah. Hal seperti ini tidak bisa dihindari, namun bisa diminimalisir. Jamaah harus diberikan pengetahuan tentang gambaran perjalanan seperti waktu kedatangan bus, lama perjalanan dan jumlah bus yang tersedia. Penjelasan ini mungkin bisa membuat jamaah lebih merasa rileks dan tidak takut untuk tertinggal.

 

Baca Juga: Ketahuilah!!! 4 Hal Penting Membaca Niat Sholat Dengan Benar

 

Ketua kloter dapat membantu petugas dengan berkoordinasi bersama Maktab dan Sektor dan terus berupaya untuk menenangkan jamaah. Berikan himbauan kepada jamaah untuk bersabar menunggu bus berikutnya datang. Selain ini ketua kloter juga dapat berkoordinasi dengan petugas kloter lain dan karu atau karom dalam mengatur jamaah yang mengikuti perjalanan pertama dan kedua.

 

Cara ini diharapkan dapat membuat jamaah lebih tenang dan lebih pengertian untuk tidak berebut masuk ke satu bus yang sudah penuh dan tidak dapat menampung jamaah lagi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan jamaah haji agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga: Mengenal Bus Shalawat, Transportasi Jamaah Haji Indonesia

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp