Keistimewaan Shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merupakan dua tempat suci bagi umat Islam. Seluruh umat Islam di dunia pasti menginginkan untuk dapat berkunjung dan shalat di dua masjid suci tersebut.

Shalat di kedua masjid ini sangat  istimewa, karena pahala yang diperoleh bagi orang yang shalat di dalamnya akan dilipatgandakan oleh Allah Swt, Rasulullah telah bersabda:

Dari Maimunah Ra, beliau berkata:

Barangsiapa shalat di masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka sungguh aku pernah mendengar beliau bersabda: Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik dari seribu shalat di masjid lainnya selain masjid Kabah (masjid yang di dalamnya terdapat Kabah).
(HR. Muslim, no. 1396 dan An-Nasa’i, no. 691).

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW juga bersabda:

Janganlah bersengaja melakukan perjalanan dengan sengaja (dalam rangka ibadah dan tujuan safarnya adalah tempatnya) kecuali ke tiga masjid: masjidku ini (masjid Nabawi), masjidil Haram dan Masjidil Aqsha.


(HR. Bukhari, no. 1189 dan Muslim, no. 1397).

Hadist tersebut menerangkan bahwa jika seseorang bersengaja melakukan perjalanan ibadah ke Makkah, namun ia mengunjungi selain Masjidil haram, yaitu ke masjid-masjid yang ada di tanah Makkah, maka itu bukanlah yang dimaksudkan dalam hadits di atas. Yang dimaksudkan dalam hadits itu adalah ke Masjidil Haram, yaitu masjid yang terdapat Kabah, tempat berlipatnya pahala.

Khusus untuk  Masjid Nabawi memiliki catatan istimewa dalam sejarah Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Di tempat itu turun sejumlah wahyu. Bahkan Al-Qur’an menyebutkannya –salah satu pendapat ahli tafsir- sebagai masjid yang didirikan di atas taqwa.

Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah patut kamu shalat yang di dalamnya.

 (QS. Al-Taubah: 108)

Shalat di Masjidil Haram, juga memiliki keistimewaan lainnya seperti yang sudah disampaikan di atas. Terlebih lagi di Masjidil Haram terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat bagi seluruh umat Islam dalam menjalankan shalat. Selain itun dari nilai sejarah juga terdapat makam Ibrahim AS.

Semoga kita semua dapat dimudahkan niat kita agar dapat berkunjung dan shalat di dua tempat suci tersebut.



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp