Kenali Haji Furoda, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

By. Dewi Savitri - 27 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Haji furoda merupakan program haji khusus tanpa antri yang memberikan kemudahan bagi para jamaah untuk melaksanakan ibadah haji. Haji furoda berbeda dengan haji khusus dan haji reguler yang diurus oleh pemerintah.

 

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Haji Plus dengan Haji Furoda

 

Haji furoda adalah haji yang menggunakan visa khusus yaitu visa mujamalah. Jamaah haji furoda merupakan orang yang menerima undangan dari pihak Kerajaan Arab Saudi. Kuota haji furoda tidak diambil dari kuota haji yang diterima pemerintah Indonesia, sehingga haji furoda sering juga disebut sebagai haji nonkuota.

 

Meskipun haji furoda adalah haji nonkuota yang melalui jalur khusus, haji furoda tidak hanya memiliki kelebihan namun juga kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan haji furoda:

 

Kelebihan Haji Furoda

 

  1. Masa tunggu lebih cepat. Penerima visa mujamalah dapat langsung berangkat di tahun yang sama saat menerima visa tersebut. Dengan kata lain, haji furoda merupakan program haji tanpa antrean.
  2. Fasilitas haji furoda lebih baik daripada haji reguler.
  3. Bimbingan yang lebih baik.
  4. Pemondokan haji furoda lebih nyaman dan dekat dengan masjid.

 

Baca Juga: Ini Dia 6 Syarat Badal Haji yang Harus Kamu Tau

 

Kekurangan Haji Furoda

 

  1. Biaya lebih mahal. Saat ini biaya haji furoda sebesar USD 15,500
  2. Persetujuan diterima atau tidaknya visa mujamalah tidak diberitahukan dari jauh-jauh hari. Biasanya pemberitahuan terbit atau tidaknya visa mujamalah hanya beberapa minggu sebelum keberangkatan haji.
  3. Disebabkan oleh pemberitahuan yang mendadak, maka pelunasan pembayaran juga dilakukan secara mendadak setelah pemberitahuan terbit visa.
  4. Kemungkinan jamaah tidak bisa berangkat pada tahun yang sama saat mendaftar karena visa belum tentu diterima. Meskipun demikian, apabila tidak jadi berangkat jamaah tidak perlu khawatir perihal pengembalian biaya haji yang sudah masuk ke pihak travel. Karena, meski diselenggarakan oleh biro travel umrah, pelaksanaan haji furoda tetap diawasi oleh Kementerian Agama.

 

Baca Juga: 6 Tips Agar Tidak Tersesat Saat Berhaji di Tanah Suci

 

Itulah kelebihan dan kekurangan haji furoda.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp